--> Skip to main content
Download gratis PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA CP TERBARU LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 Tema 6 SD/MI

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2024/2025 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 Tema 6 SD/MI Bapak/Ibu guru semuanya, pada kesempatan ini, pejabat tersebut ingin membagikan rencana pelajaran tentang penerapan RPP 1 (satu) lembar/ halaman. Hal ini saat ini sedang dipertanyakan oleh semua peserta pendidikan. Semuanya dimulai dengan Edaran No14 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019. Ini menunjukkan bahwa ia telah dikaitkan dengan manajemen pembelajaran sejauh ini, seolah-olah itu menjadi beban guru-guru Indonesia dan ia tidak dapat fokus pada kegiatan siswa di kelas sehingga perlu perangkat pembelajaran yang simpel yang lebih dikenal dengan istilah RPP 1 lembar. Jika penting bagi semua guru untuk memiliki gambar yang terkait dengan masalah di atas, mereka tidak akan tahu tentang membuat posting ini.
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD

Download Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 Tema 6 SD/MI

Berikut ini contoh RPPnya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :
Kelas/Semester            : IV (Empat)/2
Tema 6                        : Cita-Citaku
Subtema 2                   : Hebatnya Cita-Citaku
Pembelajaran                : 2
Fokus Pembelajaran    : Bahasa Indonesia, SBdP, dan IPA
Alokasi Waktu              : 4 x 35 menit (4 JP)

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui kegiatan membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal dn intonasi yang benar.
  2. Melalui kegiatan membuat kolase, siswa mampu menjelaskan dan membuat karya seni aplikasi dengan teknik yang benar sesuai contoh.
  3. Melalui kegiatan mencari informasi dan berdiskusi dengan kelompoknya, siswa mampu menjelaskan dan mempresentasikan cara pelestarian makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
  1. Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
  2. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
  3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin dan tanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
  4. Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
KEGIATAN INTI
  1. Siswa membaca teks bacaan tentang Aku Sarjana Pemulung, bacaan tersebut ditujukan untuk memberikan inspirasi kepada siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Bacaan ini merupakan penghubung antara judul tema dengan topik pelestarian lingkungan hidup.
  2. Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana Pemulung”.
  3. Siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram yang disedikan di Buku Siswa.
  4. Siswa mencari informasi yang terkait dengan poin-poin yang harus ia isi pada diagram, tentang halangan yang dihadapi oleh tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita.
  5. Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut. Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita tersebut.
  6. Dari bacaan yang berjudul “ Aku Sarjana Pemulung”, siswa menuangkan pemahamannya dengan mengisi diagram yang disedikan di Buku Siswa.
  7. Siswa mencari informasi yang terkait dengan poin-poin yang harus ia isi pada diagram, tentang halangan yang dihadapi oleh tokoh cerita, sikap yang ditunjukkan oleh tokoh cerita dan usaha yang dilakukan oleh tokoh cerita.
  8. Siswa menyimpulkan isi bacaan dan mencari makna dari bacaan tersebut. Guru membantu dengan meminta siswa dengan mengaitkannya dengan tema Cita-Cita dan usaha apa yang akan siswa lakukan untuk menggapai cita-cita tersebut.
  9. Topik tentang pelestarian lingkungan hidup digunakan sebagai tema puisi yang akan dideklamasikan oleh siswa, untuk membuat puisi lebih kontekstual dengan topik yang akan dibahas pada kegiatan pembelajaran berikutnya.
  10. Setelah membaca puisi siswa mengikuti petunjuk kegiatan seperti yang disajikan pada Buku Siswa (arahan pada buku guru halaman 94-95).
  11. Bacakanlah puisi tersebut di depan kelas dengan lafal yang jelas dan jeda yang sesuai.
  12. Kegiatan ini digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6.
  13. Guru memberikan penjelasan tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, salah satunya adalah membuat karya seni dari bahan-bahan daur ulang.
  14. Siswa dikenalkan dengan karya seni yang disebut dengan kolase, guru menjelaskan apa itu kolase dan memberikan contoh karya-karya kolase.
  15. Siswa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolase (lembar kertas karton atau kertas gambar, lem, gunting, koran bekas dan gambar).
  16. Siswa mengikuti langkah-langkah membuat kolase seperti pada buku guru halaman 95.
  17. Kegiatan ini digunakan untuk mencapai kompetensi SBdP KD 3.4 dan 4.4
  18. Siswa membaca teks informasi tentang upaya-upaya pelestarian hewan dan tumbuhan, siswa mencermati teks informasi tersebut dan menggarisbawahi informasi-informasi penting yang berkaitan dengan topik upaya pelestarian lingkungan.
  19. Bacaan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara pelestarian makhluk hidup yang ada di
  20. lingkungan sekitar kita.
  21. Siswa bersama dengan kelompoknya mengikuti petunjuk kegiatan untuk menyelesaikan penugasan membuat poster yang diberikan.
  22. Siswa mencari informasi tentang upaya pelestarian hewan ataupun tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarnya, siswa
  23. merincikan informasi tentang kegiatan yang telah dilakukan, jenis hewan atau tumbuhan yang dilestarikan, cara melestarikannya dan kapan kegiatan tersebut dimulai atau didirikan (IPA 3.2 dan 4.2).
KEGIATAN PENUTUP
  1. Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung.
  2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
  3. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: membuat sebuah kolase bersama anggota keluarga di rumah dengan menggunakan berbagai barang bekas di rumah, seperti koran, majalah, kain, dan sebagainya.
  4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplin dan tanggung jawab.
  5. Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.

Download Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI TEMA 6
Download Juga

RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 Tema 7
RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 Tema 8
RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 Tema 9
Baca Juga