-->
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa SD K13 dan KTSP

Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa K13 dan KTSP SD Ini adalah pelajaran dalam kategori pembelajaran muatan lokal (MULOK) di propinsi Jawa Tengah dan juga Jawa Timur, dan perangkat pembelajaran yang terdiri dari Prosem, Silabus, dan RPP Mulok ini masih berlaku dalam kurikulum 2013 revisi 2018 maupun dalam KTSP 2006. Di tingkat sekolah dasar SD/ MI di Jawa Tengah maupun Jatim, mapel bahasa daerah Jawa diajarkan oleh guru kelas mereka masing-masing, dan beberapa menggunakan guru khusus mapel Bahasa Jawa honorer/swasta. Di wilayah JATENG maupun JATIM ada banyak siswa dalam berdialek yang tidak lancar berbicara bahasa Jawa standar seperti yang diharapkan oleh pemerintah daerah, khususnya daerah Jawa Timur daerah TAPAL KUDA yang sudah berbaur dengan suku Madura, Tengger dan osing banyuwangi sehingga sangat perlu pemahama lebih bagi anak2 yang dikenal dengan istilah Pendalungan
Perangkat Pembelajaran Bahasa Jawa SD K13 dan KTSP

Contoh Perangkat Pembelajaran K13 dan KTSP SD Bahasa Jawa

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan perangkat pembelajaran untuk provinsi Jawa Timur disesuaikan dengan Pergub Jawa Timur No. 19 Tahun 2014 yakni fasilitas pendukung utama bagi guru untuk melakukan tugas belajar di kelas, oleh karena itu guru harus memiliki dan mengumpulkan RPP, dan rencana pelajaran yang baik akan berdampak pada proses pembelajaran juga. Selain Rencana Implementasi Pembelajaran (RPP), yang sama pentingnya dengan kurikulum, definisi kurikulum adalah rencana pendidikan untuk kelompok tertentu dan / atau kelompok topik yang mencakup standar kompetensi, kompetensi inti, mata pelajaran / pembelajaran, pembelajaran kegiatan, dan indikator kompetensi untuk penilaian dan evaluasi, alokasi waktu, dan sumber belajar, sehingga RPP dan kurikulum adalah alat yang sangat penting untuk manajemen guru.

Meskipun di setiap kabupaten atau lingkungan mereka sudah menggunakan banyasan untuk dialek mulok, mereka masih menggunakan mulok Jawa. Keduanya harus dipertahankan secara berkelanjutan, sehingga bahasa Jawa tetap menjadi konten pelajaran lokal di provinsi Jawa Tengah hingga hari ini. Pengawas tidak akan membahas banyak tentang Babajan atau bahasa Jawa dan dialeknya, tetapi kali ini gurun akan mencoba untuk berbagi peralatan atau manajemen guru-guru SD / MI Jawa atau pegangan guru kelas.

Mempelajari rencana implementasi (RPP) untuk bahasa Jawa yang dibagikan adalah hasil dari penemuan internet di Internet, jadi jika ada pertanyaan dari sumbernya, Anda akan mengunduhnya di bagian bawah posting ini di file. Silakan gunakan dengan bijak, edit daftar sesuai dengan kebutuhan dan metode pengajaran masing-masing guru ... yang tentu saja akan berbeda.

Kegiatan proses belajar mengajar di unit pendidikan dapat bekerja dengan baik dengan sejumlah hal. Hal utama dalam kegiatan belajar mengajar adalah fakultas, siswa, dan perangkat pendukung lainnya. Manajemen guru adalah furnitur untuk guru / guru yang akan dibuat, dan penyelesaian manajemen guru menjadi dasar untuk melaksanakan tugas belajar bagi siswa di kelas.

PROPINSI JAWA TENGAH

PROMES Bahasa Jawa kelas 1 s/d 6
SILABUS Bahasa Jawa kelas 1 s/d 6
RPP Bahasa Jawa K13 KELAS 1
RPP Bahasa Jawa K13 KELAS 2
RPP Bahasa Jawa K13 KELAS 3
RPP Bahasa Jawa K13 KELAS 4
RPP Bahasa Jawa K13 KELAS 5
RPP Bahasa Jawa K13 KELAS 6    
 




PROPINSI  JAWA TIMUR

Semester 1
Semester 2
Baca Juga

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.