IBX5980432E7F390 Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI - GURU BERBAGI

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI


Sebelum Anda mengunduhnya silakan baca dulu CARA DOWNLOAD (ada hamparan pada menu di atas). Bila Anda merasa kesulitan bisa tanyakan langsung pada Admin melalui facebook atau media sosial lainnya. Beberapa materi di sini Admin ambil dari beberapa sumber yang ada di internet, sebagai bahan referensi maupun pengetahuan dan materi Admin pribadi. Selain itu berkaitan dengan aplikasi maupun file atau formatnya tak memungkinkan juga hasil pencarian Admin, namun tidak dapat dipungkiri juga merupakan karya Admin sendiri

Sebelum Anda semua mengambil file, format atau materi yang ada di blog ini, mohon dibaca dulu postingan secara menyeluruh (biasakan membaca literasi) sehingga nanti tidak mengalami kendala dalam hal mengambil materi yang diinginkan oleh Anda pengunjung Blog ini tercinta. Selain itu admin ingin partisipasinya dalam memberikan kritik, saran maupun komentar di tempat yang disediakan.
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI Bapak/Ibu guru semuanya, pada kesempatan ini, pejabat tersebut ingin membagikan rencana pelajaran tentang penerapan RPP 1 (satu) lembar/ halaman. Hal ini saat ini sedang dipertanyakan oleh semua peserta pendidikan. Semuanya dimulai dengan Edaran No14 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019. Ini menunjukkan bahwa ia telah dikaitkan dengan manajemen pembelajaran sejauh ini, seolah-olah itu menjadi beban guru-guru Indonesia dan ia tidak dapat fokus pada kegiatan siswa di kelas sehingga perlu perangkat pembelajaran yang simpel yang lebih dikenal dengan istilah RPP 1 lembar. Jika penting bagi semua guru untuk memiliki gambar yang terkait dengan masalah di atas, mereka tidak akan tahu tentang membuat posting ini.
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD

Download Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI

Berikut ini contoh RPPnya
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah     :
Kelas/ Semester          :  IV/1 (satu)
Tema                           :  5. Pahlawanku
Subtema                      :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke          :  1   
Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah membaca teks tentang Sultan Hasanuddin, siswa mampu menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui dengan benar.
  2. Setelah mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut, siswa mampu mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
  5. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
  6. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.

KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN

Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan menempelkan gambar Sultan Hasanuddin di papan tulis. Kemudian, guru meminta siswa untuk menyampaikan apa yang sudah mereka ketahui tentang tokoh tersebut.
Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari raja-raja di masa Islam.
Siswa memperhatikan informasi yang diberikan guru.

INTI
Siswa diminta untuk membaca teks “Sultan Hasanuddin” dalam hati. Guru ikut membaca.
Siswa kemudian menuliskan apa yang sudah mereka ketahui tentang Sultan Hasanuddin dan apa yang ingin mereka ketahui tentangnya. Siswa menuliskannya pada tabel yang ada di buku pelajaran dan mendiskusikannya dengan teman kelompok.
Siswa dibimbing untuk berdiskusi. Guru berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Siswa diajak untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.
Siswa menyampaikan hasil diskusi.
Kegiatan diskusi siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1)
Siswa diberi kesempatan untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada.
Guru menguatkan jawaban-jawaban yang ada dengan meminta siswa untuk mengamati animasi peta pikiran tentang kerajaan bercorak Hindu di Indonesia melalui Rumah Juara.

Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
Guru melanjutkan kegiatan dengan menginformasikan bahwa siswa akan melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin.
Setiap siswa diminta untuk membaca teks pada buku pelajaran. Siswa kemudian menuliskan tiga pertanyaan tentang berkomunikasi menggunakan cermin. Pertanyaan ditukar dengan teman sebelah dan siswa kemudian menjawab pertanyaan temannya. Setelah selesai, siswa mengembalikannya dan memeriksa jawaban teman.
Guru membahasnya sebentar tentang topik berkomunikasi dengan cermin. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Percobaan dapat dilakukan di luar kelas. Siswa dengan tertib ke luar kelas dan berkumpul di halaman setelah mereka membaca prosedur percobaan dan memahaminya.
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan beberapa kali dan setelah selesai mereka diminta kembali ke dalam kelas untuk membuat laporan pada tabel yang sudah disediakan pada buku pelajaran.
Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 3)
Untuk menambah pemahaman siswa tentang raja-raja di masa Islam serta peninggalan dan pengaruhnya terhadap masyarakat, guru mengajak siswa untuk mengamati gambar.
Siswa kemudian mengisi tabel dan mendiskusikan isinya dengan teman sebelahnya. Siswa boleh melengkapi tabelnya dengan informasi yang diperoleh dari buku atau guru.
Siswa menuliskan semua informasi yang telah diperoleh pada tabel.
Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 4)

PENUTUP
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Hal baik apa yang bisa kamu contoh dari raja-raja pada masa Hindu, Budha dan Islam?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.

PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur melalui jurnal.

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

 

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 2

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

 

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 3

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 4

 Subtema 1

Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 5

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

Download Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI Tema 6,7,8 dan 9
RPP 1 halaman kelas 4 Terbaru versi lain

RPP 1 Lembar Matematika SD Kelas 4

Download juga
Silabus 8 Kolom K13 Kelas 4
Pemetaan KD Kelas 4
RPP Versi Lengkap Kelas 4
Baca Juga

Terima kasih atas segala kunjungannya di blog sederhana ini.Serta saya tunggu kunjungan berikutnya, bila materi yang Admin sajikan dirasa sangat bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman teman guru yang lainnya agar nantinya postingan ini lebih bermanfaat dan bisa dinikmati semua guru di Indonesia

Harapan Admin semoga materi, file aplikasi semuanya yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, saya tunggu kritik dan sarannya melalui komentar sehingga Admin bisa mengembangkan kualitas blog ini, Akhirul kata Salam Edukasi semoga bermanfaat bagi Anda semuanya


9 Komentar Untuk "Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI "