--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Contoh RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD/MI

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Contoh RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD/MI Bapak/Ibu guru pada kesempatan ini Admin ingin membagikan file Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP 1 (satu) halaman/lembar yang sekarang banyak dipertanyakan nitizen para pendidik sekalian. Semuanya itu bermula dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan kebudayaan yakni Nomor 14 Tahun 2019 yang menyebutkan diantaranya adalah berkaitan dengan administrasi pembelajaran selama ini begitu rumit, seolah olah membebani para guru di Indonesia sehingga tidak bisa fokus lagi dalam aktifitas bersama murid dalam kelas. Entah mengenai berlakunya surat edaran ini kapan yang penting Bapak/ Ibu guru semua memiliki gambaran berkaitan permasalahan di atas.
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD


Dalam  Permen atau Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang standar proses disebutkan bahwa sebuah RPP itu semestinya terdiri dari 13 komponen yang wajib di isi, namun semenjak beredarnya surat edaran dari menteri yang baru sebuah RPP cukup ada 3 komponen seperti Tujuan pembelajaran, Kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. disamping itu pula ditambah dengan penilaian, dan bila memungkinkan guru bisa menambah dengan komponen lain yang dianggap perlu. File ini merupakan karya admin sendiri juga mengambil dari katulis.com dengan harapan bisa bermanfaat dan sebagai referensi dalam menyusun perangkat pembelajaran dalam masa Pandemi COVID 19, yang mana pembelajaran bisa berjalan dengan luring (offline, tatap muka), online (daring) dll.

Contoh RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Semester 1 dan 2

Banyak model RPP mulai dari apa yang dikenal sebagai karakter RPP, RPP abad ke-21 hingga RPP H * 0TS yang baru saja diluncurkan yang mencakup LK LE yang menuntut pemikiran penalaran tingkat tinggi.. Mengenai presentasi Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Ibrahim, yang membenarkan hal itu RPP harus dipersiapkan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip persiapannya, apakah efektifitas, efisiensi, dan jika berorientasi pada siswa. Ada 3 komponen inti dalam RPP yang harus ada, dimulai dengan Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Belajar dan Evaluasi. Sampai ini diperbaiki, tidak sampai 1 lembar rencana pelajaran dapat diselesaikan

Dalam hal ini, admin mencoba untuk memprediksi dan mulai menulis rencana pelajaran untuk semester 2, tetapi hanya di kelas 3, ternyata dalam format penulisan normal pada satu halaman, dengan ID aktivitas, tema, dan nama subtopik. Anda sudah dapat merencanakan pelajaran dengan tiga komponen utama. Dan belajar. . Tetapi juga sangat penting untuk pembelajaran tematik, termasuk pendekatan pembelajaran.

Admin percaya bahwa meringkas komponen rencana pelajaran akan memudahkan guru untuk fokus pada siswa karena manajemen pembelajaran lebih mudah diselesaikan. Selain itu, guru harus dilengkapi dengan berbagai komponen manajemen pembelajaran seperti kurikulum, PROSEM, PROMES, jurnal pembelajaran, dan formulir penilaian pendidikan untuk membantu guru dan guru lain dalam kasus di mana kelas tidak dapat diselesaikan.

Semua alat pembelajaran yang coba diperkenalkan oleh admin di berbagai publikasi dimaksudkan agar mudah diakses oleh semua orang. Terkadang mengunduh terkadang diperlukan. Ingatlah bahwa jumlah guru yang Anda unduh dapat memengaruhi kecepatan server yang menyediakannya.


contoh RPPnya di bawah ini

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     :    .................................
Kelas / Semester      :    3 (Tiga) / 2
Tema 6                      :    Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2              :    Perubahan Energi
Pembelajaran           :    1
Alokasi Waktu    :    5 x 35 menit

TUJUAN  PEMBELAJARAN
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi terkait perubahan energi dengan tepat.
  2. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menuliskan pokok-pokok  informasi  tentang perubahan energi yang terdapat pada teks, dengan tepat.
  3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasi gerakan kuat dan lemah kaki dalam suatu tarian.
  4. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
  5. Dengan mengamati peristiwa sehari-hari, siswa mampu mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan.
  6. Dengan mengidentifikasi lamanya suatu kegiatan, siswa dapat menentukan satuan waktu yang tepat lamanya suatu kegiatan.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Kegiatan Inti
Ayo Membaca
• Guru masuk ke inti pembelajaran dengan meminta siswa mengamati gambar charta peristiwa perubahan energi pada kompor minyak tanah.
• Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
(Contoh pertanyaan: Gambar apakah ini? Siapa yang mempunyai alat ini di rumah? Adakah yang mengetahui bagian-bagian yang ada pada alat ini?  Dan sebagainya.)
• Kemudian siswa diminta membaca wacana berjudul “Perubahan Energi”.
Ayo Berdiskusisi
Kemudian guru membentuk kelompok untuk berdiskusi.
Guru meminta siswa secara berkelompok mendiskusikan perubahan energi apa saja yang terjadi di sekitar.
Masing-masing kelompok mencatat hasil diskusi pada
tabel yang telah disiapkan. Guru mengamati proses diskusi, sambil melakukan penilaian sikap.
Ayo Berceritaa
Kemudian masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas, secara bergiliran.
Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa mendengarkan rangkuman dan konfirmasi guru tentang topik diskusi.
Ayo Bernyanyi
Selanjutnya siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa contoh aktivitas yang membutuhkan energy adalah menari.
Guru menjelaskan bahwa gerakan tari itu ada dinamikanya. Dinamika tari meliputi cepat lambat, kuat lemah, tinggi rendah, dan lebar sempitnya gerakan.
Guru menjelaskan bahwa minggu ini mereka akan mempelajari gerak kuat lemah kaki pada tari. Pada
pertemuan ini mereka akan mempelajari gerak lemah kaki pada tari.
Ayo Mengamatii
Setelah menari siswa menyimak cerita tentang kegiatan guru sehari-hari.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara menentukan lamanya suatu  kegiatan dengan satuan jam dan cara menunjukkan waktu dengan gambar jarum jam.
Guru memberi contoh kejadian, lalu siswa menjawab pertanyaan guru tentang lamanya kegiatan tersebut.
Guru juga meminta siswa memberi dua contoh kejadian yang berbeda durasinya dan menentukan
mana yang lebih lama dan mana yang lebih singkat dengan menunjukkan satuan waktunya.


RPP K13 1 Lembar Kelas 3 Tema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 Tema 2
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 Tema 3
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 Tema 4


RPP K13 1 Lembar SD / MI Tema 5


Baca Juga