--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

RPP Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 Abad 21?

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

RPP Abad 21 Kurikulum 2013 Revisi 2018 berisikan banyak kontens baru diantaranya adalah ketrampilan abad 21 yang terkenal dengan istilah 4C yang merupakan singkatan dari Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation. Inilah yang ingin kami lakukan dengan K-13, bukan hanya transfer material. Namun ahli menjelaskan pentingnya menguasai 4C sebagai sarana kesuksesan, terutama di abad kedua puluh satu, abad di mana dunia telah berkembang sangat pesat dan dinamis. Menguasai keterampilan abad ke-21 sangat penting. penguasaan 4C adalah sejenis soft skill yang dianggap lebih berguna dalam praktik sehari-hari daripada hard skill.
RPP Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 Abad 21

RPP Abad 21 Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 

Disamping itu faktor literasi masuk dalam kontens RPP ini. Materi literasi dalam sekolah merupakan kemampuan untuk mengakses, memahami serta menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan, termasuk membaca, melihat, mendengarkan, menulis, dan / atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan upaya publik untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pendidikan yang mendidik warganya untuk hidup melalui partisipasi publik. 
baca juga : Buku Kerja Kelas 1 Lengkap

Ada pula istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yang merupakan Kemampuan berpikir kritis, berpikir logis dan berpikir melampaui kemampuan berpikir kognitif dan kreatif adalah tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga membutuhkan materi pembelajaran di luar pengetahuan, yang mengharuskan siswa untuk dapat memprediksi, merancang, dan menghargai. Sejalan dengan kenyataan bahwa dunia HOTS adalah analisis yang merupakan kemampuan untuk berpikir tentang mendefinisikan aspek / elemen konteks yang diberikan; evaluasi adalah kemampuan untuk berpikir tentang mengambil keputusan berdasarkan fakta / informasi; dan kreasi adalah kemampuan untuk berpikir tentang membangun ide / ide.

 Tidak mungkin lagi menggunakan model / metode / strategi / pendekatan yang berpusat pada guru, tetapi kita perlu memberi energi pada siswa dalam pembelajaran aktif. Khusus untuk PPK adalah program yang diatur untuk studi 5 hari atau 8 jam per hari sementara selama dua hari keluarga diajarkan.


Perbaikan atau revisi yang ada dalam Perangkat pembelajaran Abad 21 adalah:

1. Mengintegrasikan Peningkatan Pendidikan Pribadi (PPK) ke dalam pembelajaran. Karakter-karakter tersebut pada dasarnya adalah lima karakter: agama, nasional, independen, gotong royong dan integritas.
2. Mengintegrasikan literasi.
3. Mengintegrasikan keterampilan Abad 21 atau 4C (berpikir kreatif, kritis, komunikatif, dan kolaboratif);
4. Integrasikan HOTS (Keterampilan Berpikir Tinggi)

PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, mengoordinasikan, dan menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang telah dilaksanakan selama ini.

Integrasi dapat berupa:
A. Mengintegrasikan kegiatan kelas, di luar kelas di sekolah, dan di luar sekolah (komunitas / komunitas);
B. Integrasi kegiatan dalam kurikulum, kurikulum dan kurikulum non-kurikuler;
C. Partisipasi simultan warga sekolah, keluarga dan masyarakat;

Pengalaman dan ekspansi dapat berupa:
A. Menambah dan mengintensifkan kegiatan yang berorientasi pada pengembangan kepribadian siswa,
B) menambah dan mempertajam kegiatan belajar bagi siswa, dan mengatur kembali waktu belajar siswa di sekolah atau di luar sekolah;
C) Kekerasan dapat dalam bentuk memodifikasi tugas kepala sekolah guru, manajemen berbasis sekolah, dan fungsi komite sekolah dengan kebutuhan gerakan PPK.

Berikut ini adalah RPP Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2018 Abad 21 yang saya Ambil filenya dari canalpendidik.com. Silakan Unduh satu persatu link dibawah ini

DOWNLOAD Program Tahunan (PROTA) K13 Revisi 2018 Abad 21 Kelas 1
Baca Juga