--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

DOWNLOAD FILE CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) PAUD TK REVISI 2022

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

File Capaian Pembelajaran (CP) PAUD TK yang akan kami berikan ini merupakan revisi tahun 2022. Capaian ini perlu dimiliki oleh guru dalam menyusun administrasi pembelajaran khususnya bagi sekolah penggerak atau sekolah yang menyelenggarakan Kurikulum Merdeka, baik itu yang mandiri belajar, berubah maupun dalam taraf mandiri berbagi. Capaian Pembelajaran banyak mengalami perubahan yang berarti seiring dengan perkembangan, hal ini tak terkecuali, semua jenjang muai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK juga mengalami revisi. Banyak yang bertanya mengapa CP mengalami perubahan padahal kurikulum merdeka baru saja diberlakukan, apakah hal ini menunjukkan keterburu buruan pemerintah dalam menyelenggarakan kurikulum ini? Walllahu "a'lam Admin kurang begitu paham dikarenakan sekolah admin baru akan menyelenggarakan Kurikulum ini pada tahun ajaran 2022/2023 ini Maaf saya tidak bisa menjelaskan

UNDUH  FILE CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) PAUD REVISI 2022

Stimuli yang dirancang untuk memperkaya lingkungan mempromosikan interaksi anak-anak dengan lingkungan mereka, termasuk pendidik dan orang tua. Pendekatan berbasis kurikulum teori tektonik yang diturunkan dari Piaget dan Vygotsky juga percaya bahwa belajar harus melibatkan anak-anak dalam kegiatan interaktif antara diri dan lingkungan. Diharapkan pada akhirnya nanti proses stimulasi memberikan dampak yang sangat optimaldalam peningkatan karakter, keterampilan dan pengetahuan anak.

DOWNLOAD FILE CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) PAUD REVISI 2022

Stimulasi dilakukan pada semua aspek tumbuh kembang anak, baik dari segi motif moral dan agama, fisik, emosional dan sosial, bahasa dan kognisi melalui kegiatan yang menyenangkan. Peran guru dan orang tua dalam stimulasi Masa kecil melibatkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara, yaitu: Guru dan orang tua berperan sebagai fasilitator, mentor, dan mitra anak-anak yang sedang tumbuh. Maka guru harus bekerja dengan orang tua untuk memastikan keharmonisan antara pendidikan di satuan PAUD (TK /RA /BA, KB, SPS, TPA) dan di rumah dalam kehidupan sehari-hari anak.


Komponen penting dari kesiapan sekolah dapat didukung Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) meliputi:

  1. Cukup dewasa secara emosional untuk memecahkan masalah Harian. Memiliki berbagai keterampilan sosial untuk interaksi
  2. Memiliki berbagai keterampilan sosial untuk interaksi yang sehat dengan teman sebayamu. Kematangan kognitif cukup untuk
  3. Kematangan kognitif cukup untuk fokus sementara belajar bermain pada saat yang sama.
  4. Kembangkan keterampilan motorik halus dan jaga diri Anda cukup untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah hidup mandiri.

Capaian Pembelajaran PAUD 2022

Penting untuk dipahami bahwa umum di satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dan masyarakat orang tua tentang pengembangan literasi awal, matematika awal, ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan seni di PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) meliputi pengembangan:

  1. Kemampuan untuk mendengarkan dan memproses informasi.
  2. Cukup perintah bahasa untuk bergabung percakapan sehari-hari, mengungkapkan ide, pandangan, dan emosi, menggambarkan peristiwa yang dekat dengan Kehidupan anak-anak, mendengarkan dan umpan balik yang efektif bugar.
  3. Cinta untuk buku dipupuk dengan mendengarkan Beragam cerita dan teks informatif sederhana dan menarik sehingga ia dapat mendorong anak untuk berekspresi reaksi mereka.
  4. Memiliki pengalaman praktis yang cukup dalam perhitungan di mencakup berbagai jenis angka kecil, mengklasifikasikan objek berbeda dalam cara yang berbeda, menggunakan bahasa matematika untuk menentukan panjang, pendek, berat, ringan, penuh, kosong, cepat, lambat dan juga untuk menjelaskan beberapa bentuk sederhana di lingkungan mereka;
  5. Memiliki pengalaman yang cukup dalam menjelajahi berbagai elemen lingkungan alam mereka serta alat-alat sederhana, teknologi, dan bahan bangunan agar familiar dan dapat menggambarkan pengalaman mereka dan apa yang mereka miliki mempelajari.

DOWNLOAD FILE CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) PAUD REVISI 2022

Baca Juga