--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Silabus 8 Kolom kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 K13 SD/MI Lengkap

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Silabus 8 Kolom kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 K13 SD/MI  atau biasa dikenal juga dengan istilah 9 komponen yang akan Admin bagikan pada kesempatan ini, Silabus merupakan salah satu alat belajar paling penting bagi guru kelas sekolah dasar terutama bagi guru yang menggunakan kurikulum 2013 yang mana dalam beberapa tahun ini banyak mengalami banyak dinamika baik itu jumlah komponen yang ada. Sejak tahun 2016 Kemendikbud menyajikan komponen silabus yang terkenal dengan istilah Silabus 3 Kolom yang di dalamnya terdapat komponen diantaranya Kompetensi Inti dan Dasar, namun seiring berkembangnya waktu komponen yang lainya ditambahkan dari alokasi waktu penilaian hingga kegiatan pembelajaran, tak ayal hingga Silabus 8 kolom sekarang ada dalam 1 kegiatan / format yang   di susun lewat Tematik.Kurikulum 2013 yang mengalami banyak Revisi hingga sekarang tahun 2020 Silabus digunakan untuk melengkapi RPP 1 lembar yang terkenal denga Merdeka Belajar.
Silabus 8 Kolom kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 K13 SD/MI Lengkap

Contoh Silabus 8 Kolom K13 SD/MI

Kurikulum menjadi rujukan dalam mengembangkan kerangka belajar, salah satunya digunakan sebagai dasar rencana pembelajaran (RPP). Dalam kurikulum 2013, guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan kursus yang dapat diambil melalui kegiatan mengajar dalam kelompok kerja atau dalam kegiatan keterlibatan guru untuk topik tersebut. Tujuan pengembangan kurikulum adalah untuk dapat beradaptasi dengan mata pelajaran yang akan diajarkan pada semester saat ini dan sesuai dengan kompetensi saat ini. Ini telah didefinisikan dan juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi yang berlaku di setiap bidang sehingga rencana tersebut dapat kompatibel dengan tujuan sehingga rencana pembelajaran dapat diimplementasikan untuk melakukan ini dengan baik.

Khususnya dalam aspek evaluasi kurikulum 2013, ada beberapa jenis penilaian yang harus dievaluasi guru, termasuk penilaian kasus, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Pada tahap dasar, guru dituntut untuk memberikan pendidikan yang berkualitas karena pada tahap dasar, dasar bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan yang nantinya bisa menjadi syarat untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Guru memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan kegiatan di sekolah, karena dia bukan hanya seorang guru, tetapi dia juga harus dapat memberikan contoh yang baik untuk setiap siswa sehingga guru dapat mempersiapkan guru yang benar-benar baik sehingga saya dapat melakukan Itu. Proses pembelajaran Guru dapat mengarahkan dan mencocokkan materi yang akan dipelajari. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan alat pendidikan untuk referensi kursus di tingkat sekolah dasar, terutama bagi mereka yang belajar di tahap ketiga dan menggunakan kurikulum 2013.

Susunan Silabus 8 Kolom

Silabus 8 Kolom terdiri dari

1. Mata Pelajaran
2. Kompetensi Dasar (KD)
3. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4. Materi Pembelajaran
5. Kegiatan Pembelajaran
6. Pendidikan Penguatan Karakter (PPK)
7. Penilaian
8. Alokasi Waktu
9. Sumber Belajar

Ke sembilan komponen tersebut yang diharapkan ada dalam penyusunan Silabus di tiap-tiap Tema, yang biasanya Silabus disusun dalam 1 Sub Tema. Dalam tautan di bawah ini sebagian file ada yang tersusun lengkap ada pula yang masih belum lengkap, silakan bisa edit sesuai dengan kebutuhan Anda semua, dan Admin akan selalu menupdate bila ada file yang terbaru.

Saya membagikan blog ini dengan berbagai jenis alat pelatihan, seperti kurikulum, rencana pelajaran, program tahunan, program setengah tahun, dan banyak program lain yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, dan jika Anda membutuhkannya, Anda dapat mencarinya di kherysuryawan blog .blogspot. com Meskipun ada banyak orang yang mencuri dari blog Kherysuryawan.id tentang versi aturan artikel, tetapi bagi mereka yang sering menggunakan blog ini, mereka harus tahu lebih banyak tentang blog ini, yang berisi banyak alat belajar terbaru yang didistribusikan. Selalu gratis, kami berharap tidak ada yang salah dengan menemukan tautan ke alat pembelajaran online umum.

Download juga :
RPP 1 Lembar semua Kelas SD semester 1 dan 2

Semua file tutorial yang bisa saya bagikan dengan blog ini, saya selalu mencoba mengunduhnya dengan mudah untuk memudahkan pengunjung yang akan mengambil atau menggunakan file tutorial yang saya bagikan. Nah, bagi Anda yang ingin menerima file kurikulum 2013 untuk semua mata pelajaran di semester pertama dan kedua tahun 2019, Anda dapat dengan mudah mengunduhnya secara gratis di tautan berikut.

Dalam file Silabus K13 Semester 1 semua jenjang (Kelas I-VI) SD ini saya akan berpartisipasi dalam kesempatan ini, itu mencakup aspek yang mencakup jenis topik, kompetensi inti, indikator, bahan pelatihan, kegiatan pelatihan, nilai, alokasi waktu dan sumber belajar, dan sekarang Anda bisa mendapatkan alat belajar. Ini tersedia secara online, tetapi tidak lengkap dan mudah diunduh. Di blog ini, saya akan membagikan kepada Anda alat pendidikan lengkap dalam bentuk revisi kurikulum 2013 yang dapat dengan mudah diunduh. Bagi mereka yang ingin mendapatkan file kurikulum K13 lengkap, unduh file dengan mengklik pada jenis kurikulum yang mereka inginkan

Ada beberapa elemen penting yang harus ada dalam Paket Pembelajaran Kurikulum 2013, termasuk kompetensi inti, kompetensi inti, indikator, bahan ajar, alokasi waktu dan sumber belajar. Semua komponen ini dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat alat pendidikan lainnya, seperti rencana pelajaran dan lainnya. Untuk orang tua dan guru saat ini belajar di sekolah dasar kelas enam dan mereka yang belum memiliki alat pendidikan untuk kelas enam dari kurikulum 2013, baik dalam kurikulum semester pertama atau kurikulum sekolah.Jadi dalam posting ini Anda bisa mendapatkannya secara gratis dan Anda juga dapat menggunakannya sebagai bahan referensi untuk menyiapkan alat belajar sekolah. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan unduhan yang Anda berikan di bawah:

Silabus 8 Kolom 9 Komponen SD/MI kelas 1
Silabus 8 Kolom 9 Komponen SD/MI kelas 2
Silabus 8 Kolom 9 Komponen SD/MI kelas 3
Silabus 8 Kolom 9 Komponen SD/MI kelas 4
Silabus 8 Kolom 9 Komponen SD/MI kelas 5
Silabus 8 Kolom 9 Komponen SD/MI kelas 6    

Bagi Anda yang menginginkan Silabus 3 Kolom sebagai referensi edisi tahun 2016 bisa Download Link yang ada di bawah ini:
Baca Juga