--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI Semester 1 dan 2

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI Bapak/Ibu guru semuanya, pada kesempatan ini, pejabat tersebut ingin membagikan rencana pelajaran tentang penerapan RPP 1 (satu) lembar/ halaman. Hal ini saat ini sedang dipertanyakan oleh semua peserta pendidikan. Semuanya dimulai dengan Edaran No14 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2019. Ini menunjukkan bahwa ia telah dikaitkan dengan manajemen pembelajaran sejauh ini, seolah-olah itu menjadi beban guru-guru Indonesia dan ia tidak dapat fokus pada kegiatan siswa di kelas sehingga perlu perangkat pembelajaran yang simpel yang lebih dikenal dengan istilah RPP 1 lembar. Jika penting bagi semua guru untuk memiliki gambar yang terkait dengan masalah di atas, mereka tidak akan tahu tentang membuat posting ini.
Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD

Download Contoh RPP 1 Lembar Kelas 4 K13 SD/MI

Berikut ini contoh RPPnya
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah     :
Kelas/ Semester          :  IV/1 (satu)
Tema                           :  5. Pahlawanku
Subtema                      :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke          :  1   
Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Alokasi Waktu            :  6 x 35 menit (6 JP)

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah membaca teks tentang Sultan Hasanuddin, siswa mampu menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui dengan benar.
  2. Setelah mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut, siswa mampu mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan.
  3. Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
  5. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
  6. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.


KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN

Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan menempelkan gambar Sultan Hasanuddin di papan tulis. Kemudian, guru meminta siswa untuk menyampaikan apa yang sudah mereka ketahui tentang tokoh tersebut.
Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari raja-raja di masa Islam.
Siswa memperhatikan informasi yang diberikan guru.

INTI
Siswa diminta untuk membaca teks “Sultan Hasanuddin” dalam hati. Guru ikut membaca.
Siswa kemudian menuliskan apa yang sudah mereka ketahui tentang Sultan Hasanuddin dan apa yang ingin mereka ketahui tentangnya. Siswa menuliskannya pada tabel yang ada di buku pelajaran dan mendiskusikannya dengan teman kelompok.
Siswa dibimbing untuk berdiskusi. Guru berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Siswa diajak untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.
Siswa menyampaikan hasil diskusi.
Kegiatan diskusi siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1)
Siswa diberi kesempatan untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada.
Guru menguatkan jawaban-jawaban yang ada dengan meminta siswa untuk mengamati animasi peta pikiran tentang kerajaan bercorak Hindu di Indonesia melalui Rumah Juara.

Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
Guru melanjutkan kegiatan dengan menginformasikan bahwa siswa akan melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin.
Setiap siswa diminta untuk membaca teks pada buku pelajaran. Siswa kemudian menuliskan tiga pertanyaan tentang berkomunikasi menggunakan cermin. Pertanyaan ditukar dengan teman sebelah dan siswa kemudian menjawab pertanyaan temannya. Setelah selesai, siswa mengembalikannya dan memeriksa jawaban teman.
Guru membahasnya sebentar tentang topik berkomunikasi dengan cermin. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Percobaan dapat dilakukan di luar kelas. Siswa dengan tertib ke luar kelas dan berkumpul di halaman setelah mereka membaca prosedur percobaan dan memahaminya.
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan beberapa kali dan setelah selesai mereka diminta kembali ke dalam kelas untuk membuat laporan pada tabel yang sudah disediakan pada buku pelajaran.
Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 3)
Untuk menambah pemahaman siswa tentang raja-raja di masa Islam serta peninggalan dan pengaruhnya terhadap masyarakat, guru mengajak siswa untuk mengamati gambar.
Siswa kemudian mengisi tabel dan mendiskusikan isinya dengan teman sebelahnya. Siswa boleh melengkapi tabelnya dengan informasi yang diperoleh dari buku atau guru.
Siswa menuliskan semua informasi yang telah diperoleh pada tabel.
Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 4)

PENUTUP
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Hal baik apa yang bisa kamu contoh dari raja-raja pada masa Hindu, Budha dan Islam?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.

PENILAIAN
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur melalui jurnal. 

Berikut ini link  downloadan per tema

TEMA 1
TEMA 2
TEMA 3
TEMA 4
TEMA 5

TEMA 6
TEMA 7
TEMA 8
TEMA 9
 

Berikut ini link  downloadan per PB

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

 

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 2

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

 

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 3

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 4

 Subtema 1

Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 5

Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Subtema 4




Baca Juga