-->
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Download Dokumen 1 K13 dan KTSP SD, SMP, SMA, SMK

Dokumen 1 Kurikulum 2013 atau pendidikan berbasis ruang kelas merupakan pendekatan baru yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk menggantikan Unit Pendidikan (KTSP). Kurikulum untuk 2013 adalah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, keterampilan mengajar, dan kepribadian. Siswa harus memahami materi, aktif dalam diskusi dan presentasi, dan memiliki etika yang tinggi dalam disiplin. Kurikulum ini menggantikan tingkat unit pengajaran yang digunakan sejak tahun 2006. Kurikulum 2013 harus mengikuti semua siswa dalam satu unit pendidikan per unit atau tingkat pendidikan. Interpretasi legislatif No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional di Bagian Umum menjelaskan bahwa reformasi pendidikan memerlukan strategi khusus, dan salah satu strategi untuk membangun pendidikan nasional adalah ... "2. Pengembangan dan implementasi pendekatan berbasis kompetensi

Contoh Dokumen 1 K13 dan KTSP SD, SMP, SMA, SMK


Dasar filosofis pengembangan kurikulum menentukan kualitas siswa untuk mencapai kurikulum, sumber dan isi kurikulum, proses pembelajaran, sikap siswa, penilaian hasil belajar dan hubungan antara siswa dan lingkungan fisik sekitarnya.
Kurikulum 2013 dikembangkan dengan landasan filosofis yang menyediakan landasan untuk mengembangkan semua siswa potensial untuk menjadi orang Indonesia berkualitas tinggi yang terdaftar dalam tujuan pendidikan nasional.
Intinya, tidak ada filosofi pengajaran tunggal yang dapat digunakan secara khusus untuk mengembangkan kurikulum yang dapat menghasilkan orang-orang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, kurikulum untuk 2013 dikembangkan menggunakan filosofi berikut.


1. Pendidikan berakar pada budaya nasional untuk membangun kehidupan bangsa saat ini dan di masa depan. Pandangan ini menjadikan kurikulum untuk tahun 2013 sebagai pengembangan yang didasarkan pada budaya Indonesia yang beragam yang bertujuan membangun kehidupan saat ini dan membangun fondasi untuk kehidupan masa depan yang lebih baik bagi bangsa. Mempersiapkan siswa untuk kehidupan masa depan selalu menjadi masalah bagi kurikulum, yang berarti bahwa kurikulum adalah desain pendidikan untuk mempersiapkan kehidupan generasi muda di negara ini. Dengan demikian, tugas mempersiapkan generasi muda di negara ini adalah tugas utama kurikulum. Untuk mempersiapkan kehidupan siswa saat ini dan masa depan, kurikulum pada tahun 2013 mengembangkan pengalaman belajar yang memberikan siswa dengan peluang luas untuk menguasai keterampilan yang diperlukan untuk kehidupan di masa sekarang dan masa depan sambil terus mengembangkan kapasitas mereka sebagai pewaris budaya nasional. dan orang-orang yang peduli dengan masalah masyarakat dan bangsa saat ini.

2. Siswa mewarisi budaya kreatif nasional. Dalam terang filosofi ini, prestasi bangsa di berbagai bidang kehidupan di masa lalu adalah sesuatu yang harus dimasukkan dalam isi kurikulum untuk siswa. Proses pendidikan adalah proses yang memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka dalam keterampilan berpikir rasional dan kecemerlangan akademik dengan memahami apa yang mereka lihat, dengar, baca, pelajari . dan menurut tingkat kematangan psikologis dan kematangan fisik siswa. Selain mengembangkan keterampilan berpikir rasional dan brilian dari para akademisi, kurikulum pada tahun 2013 menempatkan manfaat budaya ini dipelajari untuk menciptakan kebanggaan, aplikasi, dan penampilan dalam kehidupan pribadi, dalam interaksi sosial di masyarakat sekitar dan dalam kehidupan bangsa saat ini.

3. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan keunggulan akademik melalui pendidikan dalam disiplin ilmu. Filosofi ini mendefinisikan isi kurikulum sebagai bidang ilmiah, dan bahwa pembelajaran adalah pembelajaran disiplin ilmu dasar. Filosofi ini mensyaratkan bahwa kurikulum memiliki nama subjek yang sama dengan disiplin, dan selalu bertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan keunggulan akademik.

4. Pendidikan untuk membangun kehidupan hari ini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, keterampilan komunikasi, sikap sosial, kepedulian, partisipasi dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan kehidupan bangsa (rekonstruksi eksperimental dan sosial). Dengan filosofi ini, kurikulum 2013 bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa untuk berpikir refleksif untuk menyelesaikan masalah sosial di masyarakat dan menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat yang demokratis.

DOWNLOAD FILE DOKUMEN 1 DAN 2 VERSI COVID 19

berikut ini link yang Admin dapatkan dari http://lutfimaliq84.blogspot.com yang bisa Anda dapatkana melalui url sebagai berikut

Baca Juga

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.