-->
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Contoh Laporan Observasi Pembelajaran Guru KINERJA PMM File Word

Laporan Observasi Pembelajaran Guru EKINERJA PMM File Word dalam memenuhi bukti fisik RHK Pengelolaan Kinerja pada platform PMM perlu disusun oleh guru dan kepala sekolah. Hal ini dikerjakan dalam rangka penilaian kerja guru selama 1 semester mulai bulan Januari 2024 hingga bulan Juni ini. Salah satu kinerja yang bisa dilampirkan adalah laporan observasi pembelajaran guru. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang contoh laporan observasi pembelajaran guru dalam format Word. Observasi kegiatan pembelajaran bukan sekadar evaluasi, tetapi lebih kepada sinergi antara pengamat dan guru guna menciptakan lingkungan pembelajaran yang inspiratif. Dalam laporan ini, kita akan bersama-sama menjelajahi berbagai aspek praktik pengajaran yang telah dilakukan oleh para pendidik kita. Kami percaya bahwa proses observasi ini akan menjadi sarana yang efektif untuk memperoleh pemahaman mendalam terkait dengan kekuatan dan potensi perbaikan dalam setiap kelas.

Download Laporan Observasi Pembelajaran Guru EKINERJA PMM File Word 

Laporan observasi membuka jendela ke dalam dunia pembelajaran, memberikan pandangan yang objektif tentang metode pengajaran dan suasana kelas. Ini bukan hanya alat evaluasi, tetapi juga sarana pengembangan bagi guru dan siswa.

Contoh Laporan Observasi Pembelajaran Guru KINERJA PMM File Word


Observasi memberikan kesempatan bagi guru untuk mendapatkan umpan balik konstruktif, memahami keberhasilan mereka, dan bersedia melakukan perubahan untuk mencapai standar kinerja yang lebih tinggi. Oleh karena itu, observasi pembelajaran bukan hanya sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai alat pembelajaran kontinyu yang mendukung pengembangan profesional guru. Dengan demikian, latar belakang observasi pembelajaran menciptakan landasan yang kuat untuk pembaharuan dan peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Laporan Observasi Pembelajaran Guru pada Platform Merdeka Mengajar

Pana penilaian Kinerja PMM observasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru maupun kepala sekolah bisa mendapatkan 8 point. Hal ini bila kita bandingkan dengan sertifikat pelatihan mandiri nilainya tidak jauh berbeda. Seorang guru dalam 1 semester dituntut untuk mendapatkan minimal 32 point. Point tersebut dapat diperoleh dari penyusunan RHK (Rencana Hasil Kerja) yang dimulai pada bulan Januari tahun 2024

Manfaat laporan observasi untuk pengembangan guru dan siswa

Guru dapat menggunakan laporan observasi sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan metode pengajaran mereka. Siswa juga dapat mendapatkan manfaat dari umpan balik yang muncul, meningkatkan pengalaman belajar mereka. 

Observasi ini diharapkan memberikan manfaat berupa umpan balik yang konstruktif kepada guru, membantu identifikasi kebutuhan siswa, dan merumuskan rekomendasi untuk peningkatan metode pembelajaran. Selain itu, observasi juga dapat menjadi landasan bagi pengembangan profesional guru dan peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Cara Menyusun Laporan Observasi Pembelajaran Guru

Langkah-langkah menyusun laporan observasi

Langkah pertama adalah menentukan tujuan observasi. Selanjutnya, catat kegiatan pembelajaran dengan detail, fokus pada metode pengajaran, interaksi guru-siswa, dan reaksi siswa. Buatlah analisis objektif setelah observasi selesai.

Aspek-aspek yang harus dicakup dalam laporan

Laporan observasi sebaiknya mencakup aspek-aspek seperti kejelasan tujuan pembelajaran, kehadiran guru, interaksi di antara siswa, dan penggunaan media pembelajaran. Poin-poin ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kualitas pembelajaran.

Contoh Laporan Observasi Pembelajaran Guru dalam Format Word

Mengapa format Word digunakan?

Format Word mempermudah penyusunan laporan dengan struktur yang terorganisir. Guru dapat dengan mudah menambahkan detail, grafik, dan gambar yang mendukung, menciptakan dokumen yang komprehensif. Sangat lain kalau filenya berbentuk pdf yang tidak bisa diedit

Langkah-langkah membuat laporan observasi menggunakan Word

  1. Buka dokumen Word dan tentukan judul laporan.
  2. Strukturkan laporan dengan bagian pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
  3. Gunakan bullet points atau numbering untuk memudahkan pembaca.
  4. Sertakan data dan observasi dengan rinci.
  5. Berikan rekomendasi atau catatan tambahan jika diperlukan.

Kesimpulan

Laporan observasi pembelajaran guru dalam format Word adalah alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan menyusunnya secara sistematis, guru dapat menerima umpan balik konstruktif yang membantu mereka berkembang, sementara siswa dapat menikmati pembelajaran yang lebih baik.

Pertanyaan Umum (FAQs)

1. Apakah laporan observasi diperlukan di semua tingkat pendidikan?

   - Ya, laporan observasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di semua tingkat pendidikan.

2. Bagaimana guru dapat memanfaatkan laporan observasi untuk pengembangan pribadi?

   - Guru dapat menggunakan laporan observasi sebagai refleksi untuk mengidentifikasi kekuatan dan area pengembangan dalam metode pengajaran mereka.

3. Apakah ada pedoman khusus dalam menyusun laporan observasi?

   - Ya, pedoman khusus termasuk menentukan tujuan observasi, mencakup aspek-aspek tertentu, dan menyusun laporan dengan struktur yang jelas.

4. Bisakah laporan observasi digunakan untuk evaluasi kinerja guru?

   - Ya, laporan observasi dapat digunakan sebagai alat evaluasi kinerja guru, membantu mereka untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran.

5. Bagaimana cara mengatasi hambatan dalam melakukan observasi pembelajaran?

   - Mengatasi hambatan melibatkan komunikasi terbuka dengan guru, merencanakan observasi dengan cermat, dan memberikan umpan balik konstruktif.  


Laporan Observasi Pembelajaran Guru KINERJA PMM File Word  VERSI 1

Laporan Observasi Pembelajarann Guru Merdeka Mengajar Versi 2

Form Observasi Guru excel


Perlu dipahami
File ini hanyalah contoh bukan file resmi dari PMM, mohon maaf apabila ada yang salah dan bisa Anda kembangkan sesuai kebutuhan Anda

Baca Juga

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.