-->
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 FASE C

Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 FASE C." Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan jasmani dan kesehatan di Indonesia, pemerintah telah merancang kurikulum yang mengedepankan pendidikan jasmani dan olahraga. Salah satu komponen penting dalam kurikulum ini adalah Modul Ajar PJOK untuk siswa kelas 5.

Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 FASE C

Dalam kurikulum pendidikan, Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan jasmani dan kesehatan siswa. Modul ini memberikan panduan yang lengkap dan sistematis agar siswa dapat memahami konsep dasar olahraga, mengembangkan keterampilan gerak, menjaga kesehatan dan kebugaran, serta menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, siswa kelas 5 akan memiliki dasar yang kuat untuk tumbuh dan berkembang secara holistik.

Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 FASE C


Apa itu Modul Ajar PJOK?

Modul Ajar PJOK adalah panduan belajar yang berisi materi, kegiatan, dan latihan dalam bidang Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Modul ini dirancang untuk membantu siswa kelas 5 dalam memahami konsep dasar olahraga, mengembangkan keterampilan gerak, memahami pentingnya kesehatan dan kebugaran, serta menanamkan nilai-nilai positif melalui pendidikan jasmani.

Tujuan Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka:

  1. Memperkenalkan siswa dengan berbagai jenis olahraga dan permainan tradisional Indonesia.
  2. Mengembangkan keterampilan motorik kasar dan motorik halus siswa.
  3. Menanamkan pola makan sehat dan pentingnya kebugaran jasmani.
  4. Mendorong siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai seperti kerjasama, fair play, tanggung jawab, dan disiplin.

Struktur dan Isi Modul Ajar PJOK Kelas 5:

Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa bagian yang meliputi pengenalan PJOK kelas 5, materi olahraga, pengembangan keterampilan gerak, kesehatan dan kebugaran, serta pendidikan jasmani berbasis nilai.

Pengenalan PJOK Kelas 5

Pada bagian ini, siswa akan diperkenalkan dengan tujuan dan manfaat dari pembelajaran PJOK di kelas 5. Mereka akan memahami mengapa olahraga dan aktivitas fisik penting bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Materi Olahraga

Dalam bagian ini, siswa akan belajar tentang berbagai jenis olahraga dan permainan tradisional Indonesia yang menjadi bagian dari kurikulum PJOK kelas 5. Beberapa materi yang akan dibahas meliputi:

Permainan Tradisional Indonesia

Siswa akan diajarkan tentang permainan tradisional Indonesia seperti congklak, gatrik, gobak sodor, dan masih banyak lagi. Mereka akan mempelajari aturan mainnya serta manfaat dari permainan-permainan tersebut.

Atletik

Bagian ini akan memperkenalkan siswa pada cabang olahraga atletik. Mereka akan belajar tentang lari, lompat jauh, lempar lembing, dan teknik dasar atletik lainnya.

Renang

Siswa akan diajarkan tentang teknik dasar renang, pentingnya berenang, dan keselamatan di air. Mereka akan memiliki kesempatan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan renang mereka.

Pengembangan Keterampilan Gerak

Bagian ini fokus pada pengembangan keterampilan motorik kasar dan motorik halus siswa.

Motorik Kasar

Siswa akan belajar gerakan-gerakan dasar yang melibatkan koordinasi tubuh seperti berlari, melompat, dan bermain bola. Mereka akan diberi kesempatan untuk berlatih dan meningkatkan keterampilan motorik kasar mereka.

Motorik Halus

Di bagian ini, siswa akan belajar gerakan-gerakan yang melibatkan koordinasi mata dan tangan seperti menggambar, menulis, dan meronce. Latihan-latihan ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus dengan baik.

Kesehatan dan Kebugaran

Kesehatan dan kebugaran merupakan aspek penting dalam Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka.

Pola Makan Sehat

Siswa akan diajarkan tentang pentingnya pola makan sehat dan gizi seimbang. Mereka akan mempelajari jenis-jenis makanan yang sehat dan bagaimana menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Kebugaran Jasmani

Di bagian ini, siswa akan belajar tentang pentingnya menjaga kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik dan olahraga teratur. Mereka akan memahami manfaat dari kebugaran jasmani dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Pendidikan Jasmani Berbasis Nilai

Bagian terakhir dari modul ini menekankan pentingnya pendidikan jasmani berbasis nilai.

Kerjasama dan Fair Play

Siswa akan belajar tentang arti penting kerjasama dalam olahraga dan bagaimana bermain dengan sportivitas. Mereka akan memahami pentingnya fair play dan sikap jujur dalam berkompetisi.

Tanggung Jawab dan Disiplin

Di bagian ini, siswa akan diajarkan tentang tanggung jawab dalam menjaga kesehatan dan keselamatan saat beraktivitas fisik. Mereka juga akan mempelajari arti penting disiplin dalam mencapai tujuan dan meraih prestasi.

Setelah mengikuti Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang konsep dasar olahraga, keterampilan gerak yang berkembang, pengetahuan tentang kesehatan dan kebugaran, serta nilai-nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


FAQ

Apakah Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka dapat digunakan di sekolah lain selain yang menggunakan kurikulum Merdeka?

Ya, Modul Ajar PJOK Kelas 5 dapat digunakan di sekolah lain dengan sedikit penyesuaian sesuai dengan kurikulum yang digunakan.

Bagaimana cara mendapatkan akses ke Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka?

Anda dapat mengaksesnya melalui tautan di blog kang martho di bawah ini

Apakah Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka hanya berisi teori atau juga dilengkapi dengan latihan dan aktivitas praktis?

Modul ini tidak hanya berisi teori, tetapi juga dilengkapi dengan latihan dan aktivitas praktis yang akan membantu siswa menerapkan konsep-konsep yang dipelajari.

Apakah Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka dapat digunakan secara mandiri oleh siswa?

Modul ini lebih baik digunakan di bawah bimbingan guru PJOK untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan melakukan latihan dengan benar.

Apakah ada batasan waktu penggunaan Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka?

Tidak ada batasan waktu penggunaan. Modul ini dapat digunakan sepanjang tahun ajaran untuk memperkaya pembelajaran PJOK kelas 5.

Modul Ajar PJOK Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 FASE C

Baca Juga

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.