--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Download Panduan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan SD

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Download Panduan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan SD  pada tahun 2019- Panduan bimbingan ekstrakurikuler untuk sekolah dasar 2018 ini adalah panduan teknis untuk administrator sekolah, guru, dan pramuka studi dalam menerapkan pendidikan kepanduan sebagai unit studi wajib di unit pendidikan sesuai dengan tugas, pekerjaan, dan peran. Pada tahun akademik 2019/2020 perlu untuk menangani pendidikan yang berkualitas melalui kurikulum dan kurikulum umum, non-kurikuler dan non-kurikuler dalam kurikulum 2013 seperti pramuka. Salah satu aspek ini adalah di luar kurikulum, yang harus dilaksanakan dengan cara yang nyata. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan melalui 2 (2) pola terkait, yang wajib dan opsional. Semua siswa diwajibkan untuk berpartisipasi dalam kurikulum pendidikan kepanduan dan siswa bebas memilih apa yang diajarkan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat mereka. Pendidikan wajib dan non-formal dalam mendeteksi implementasinya perlu diorganisir dan diarahkan sehingga dapat dengan mudah diimplementasikan di sekolah.

Download Panduan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan SD


Pendidikan kepanduan sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional seperti yang dipersyaratkan oleh sistem pendidikan nasional. Perlu diketahui bahwasanya kegiatan eksul pramuka terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari siaga, penggalang,penegak, pandega Melalui pengintaian dengan keunikan metode, rasa memiliki, saling membantu, cinta tanah air dan sifat cinta akan muncul. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengharuskan setiap sekolah untuk melaksanakan pendidikan kepanduan di luar kurikulum melalui tiga paket model terintegrasi, yaitu:, dan teratur dengan tanda-tanda tertentu. Dalam kurikulum 2013, "scout education" diidentifikasi sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Ini berarti bahwa pendidikan kepanduan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang secara sistematis digambarkan sebagai alat untuk mempromosikan sikap dan keterampilan psikologis, sosial dan budaya dalam kurikulum 2013 yang konsisten dengan psikologi pendidikan dengan pengembangan sikap dan kemampuan dalam pendidikan kepanduan. Sikap spiritual dasar (KI-1), sikap sosial (KI-2), dan keterampilan (KI-4) memperoleh penguatan yang berarti (pembelajaran yang bermakna).
Download Panduan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan SD

Diharapkan bahwa Buku Wajib Sekolah Wajib 2018 akan dapat 1) memberikan gambaran yang benar tentang komitmen pramuka terhadap kurikulum pramuka sehingga dapat diimplementasikan dengan baik oleh para pemangku kepentingan pendidikan, baik elemen dari Dinas Pendidikan, administrator sekolah, guru, dan staf pendidikan; 2) memberikan pedoman yang jelas dan mudah diterapkan; 3) Ini adalah referensi untuk pelaksanaan pendidikan kepanduan ekstrakurikuler.

Buku kurikulum wajib dikembangkan di sekolah-sekolah dasar, hanya pola dan Aktualisasi blok secara rinci, termasuk contoh. Untuk menerapkan model reguler, ada buklet aplikasi terpisah yang secara khusus membahas pramuka di kelompok depan sekolah dasar dan implementasi pendidikan pramuka sesuai dengan aturan gerakan pramuka.

Panduan Ekskul Wajib Kepramukaan SD 2018.pdf, Unduh


Baca Juga