--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Download Format Silabus 9 Komponen Kurikulum 2013

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Silabus 8 Kolom beberapa waktu harus dimiliki oleh setiap guru yang melaksanakan Kurikulum 2013 baik itu yang revisi, 2017, 2018, maupun 2019, namun kini sudah mulai berubah dengan adanya penambahan 1 komponen sehingga menjadi 9 Komponen. Sebenarnya penambahan itu tidak begitu signifikan yaitu bila yang dahulu masih belum menggunakan kolom nomor muatan pelajaran kini ditambah 1 kolom nomor mapel, sehingga jumlahnya lengkap menjadi 9 kolom. Hal ini berlaku bagi semua Kelas baik jenjang SD/MI mulai kelas 1, 2, 3, 4, 5,dan 6 juga jenjang SMP/MTS kelas 7, 8, 9 serta jenjang SMA/MA/SMK yaitu kelas 10, 11, 12. Dengan denikian tanpa terkecuali setiap guru wajib merubah dan menginsert 1 komponen agar menjadi lebih lengkap.

Download Format Silabus 9 Komponen Kurikulum 2013

Download Format Silabus 9 Komponen Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Berkaitan dengan ini Admin akan berbagi salah satu contoh Format berupa file silabus 9 komponen yang terdiri dari berapa nama kolom diantaranya sebagai berikut
1. NOMOR
Merupakan  angka yang bertujuan untuk menunjukkan berapa jumlah muatan pelajaran yang ada dalam tema tersebut

2. MATA PELAJARAN/ MUATAN PELAJARAN
Di isi dengan nama mapel atau muatan pelajaran yang disesuaikan dengan pemetaan KI KD yang ada, sehingga nanti antara PROMES dan SILABUS mata pelajaran dalam setiap Sub tema sama.

3. KOMPETENSI DASAR
Biasanya guru mengisi KD tersebut mengambil dari pemetaan KI KD , karena sekarang menggunakan KI kD yang disesuaikan dengan era digital (generasi 4.0) maka selayaknya guru mengisinya menggunakan Peraturan Menteri (PERMEN) yang baru yang membahas tentang KI KD tersebut yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 37 tahun 2018

4. INDIKATOR
Guru menyusun indikator menyesuaikan dari KD, karena indikator tersebut merupakan penjabaran dari KD dengan menggunakan kata kerja operational yang biasanya sudah terintegrasi PPK (Pendidikan karakter Bangsa). Indikator efisiensi adalah perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan pencapaian kompetensi inti tertentu yang tunduk pada penilaian subjek. Indikator digunakan sebagai penanda untuk mencapai kompetensi inti, yang ditandai dengan perubahan perilaku terukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, modul, dan kemampuan regional dan ditempatkan dalam tindakan operasional yang terukur dan / atau dapat diamati. Indikator juga digunakan sebagai dasar untuk pengembangan alat penilaian.

5. MATERI PEMBELAJARAN
Berisi tentang materi yang diajarkan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran maupun KI KD yang ada. Ini adalah mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana untuk mendapatkan kompetensi inti yang dinilai menggunakan alat penilaian yang dikembangkan berdasarkan indikator kinerja pembelajaran. Secara umum, materi utama berisi fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk hal-hal sesuai dengan perumusan indikator kinerja kompetensi.

6. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berisi kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi yang sesuai dengan KD maupun indikator. Belajar adalah kegiatan oleh guru dan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Strategi pembelajaran dapat berupa pengalaman tatap muka atau pengalaman belajar. Pengalaman belajar yang terlibat dapat dicapai dengan menggunakan berbagai metode pengajaran yang berpusat pada siswa.

7. PENILAIAN
Diisi dengan beberapa jenis penilaian, baik itu penilaian sikap, penilaian kompetensi pengetahuan (KI 4) baik tulis maupun lisan, juga penilaian ketrampilan (proyek, portofolio, unjuk kerja, praktik dll). Hasil evaluasi dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut dapat berupa perbaikan pada proses pembelajaran berikut, program perbaikan untuk siswa yang kinerjanya kurang dari kriteria penyelesaian, dan program pengayaan untuk siswa yang telah memenuhi kriteria penyelesaian.

8. ALOKASI WAKTU
 Berisi tentang berapa jam pelajaran dalam setiap tema. Alokasi adalah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kompetensi. Penentuan distribusi waktu dalam pengembangan kurikulum disesuaikan dengan jumlah jam belajar dalam struktur kurikulum selama satu semester atau satu tahun. Penentuan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan distribusi waktu subyek per unit. Minggu dengan mempertimbangkan jumlah keterampilan dasar, luasnya bahan, kedalaman, tingkat kesulitan dan pentingnya keterampilan dasar. Distribusi waktu yang termasuk dalam kurikulum adalah perkiraan waktu rata-rata untuk menguasai keterampilan dasar yang dibutuhkan siswa yang kompleks dan beragam.

9. SUMBER BELAJAR
 Berisikan tentang media, metode, serta alat dan bahan dalam menunjang proses pembelajaran. Sumber belajar adalah referensi, benda atau bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat dalam bentuk media cetak dan elektronik, para ahli, serta lingkungan fisik, alam, sosial dan budaya. Identifikasi sumber belajar didasarkan pada kriteria kompetensi, kompetensi inti, kegiatan pembelajaran / mata pelajaran / dan indikator pengembangan kompetensi.

Sedangkan Kompetensi Inti letaknya berada di atas bersamaan dengan format di bawah ini
  • Judul Silabus
  • identitas sekolah
  • Tema
  • Sub Tema
  • Kelas
  • Semester


berkaitan hal di atas Admin sengaja ingin berbagi file yang berhubungan dengan silabus 9 kolom yang bisa Anda langsung telusuri melalui link tautan di bawah ini
Download Silabus 8 Kolom Kurikulum 2013
Download Silabus Tematik 9 Komponen K13
Bila Anda menghendaki versi yang lainnya (MASIH BELUM 8 KOLOM)
 s/d
Baca Juga