Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku K13 SD Revisi 2017 (Kelas 4 Tema 1-5)

Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku Kurikulum 2013 SD Revisi 2017 (Kelas 4 Tema 1-5) banyak ingin memilikinya, walaupun di dalam buku guru sudah tersedia namun masih saja ada yang membutuhkan rangkuman sekaligus KUNCI JAWABAN yang terkait dalam Buku Kurikulum 2013 SD Revisi 2017. Kali ini Admin ingin berbagi Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku Kurikulum 2013 SD Revisi 2017 yang Admin peroleh dari pak Sholeh Mendidik Pamekasan Madura Jawa Timur.
Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku K13 SD Revisi 2017 (Kelas 4 Tema 1-5)
Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku K13 SD Revisi 2017 (Kelas 4 Tema 1-5)

Dalam buku Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 ada beberapa rangkuman materi yang akan dipelajari diantaranya menceritakan hal di bawah ini

Menurutmu, bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?
Jawaban
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

Bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.

Ayo Mencoba
Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar. 
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak di dengar? Mengapa?
Jawaban
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulai dari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat musik, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman. 

1. Apa yang terjadi apabila permintaan terhadap jagung tinggi?
Apabila permintaan jagung tinggi maka harga jagung akan naik dan stok jagung akan segera/cepat habis sehingga akan terjadi kelangkaan.

2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?
Agar permintaan terpenuhi pemerintah perlu melakukan impor jagung dari Negara lain atau memperluas lahan pertanian jagung yang ada di Indonesia.

Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu wajib tahu apa yang terhitung ke dalam keduanya, dan apa dampaknya sekiranya kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber energi alam berlebihan bakal pengaruhi kehidupan manusia. Kita wajib menghemat penggunaannya. 

Sumber daya alam yang bisa diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena terus tersedia. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan teratur dan membatasinya.

Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya. Minyak bumi, emas, besi dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya gas bumi, minyak serta logam. Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantanya adalah padi, jagung serta tumbuhan lainnya

2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui, yaitu: minyak bumi, batu bara, dan bahan tambang lainnya. Sumber daya alam yang bisa diperbarui yaitu: matahari, air, angin, kekayaan laut, hasil pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan.

Download Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku K13 SD Revisi 2017 (Kelas 4 Tema 1)

Download Rangkuman Materi dan Kunci Jawaban Buku K13 SD Revisi 2017 (Kelas 4 Tema 2) Yang lainnya nanti menyusul (maaf internet lemoot lama untuk upload)

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment