IBX5980432E7F390 Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Tema 2 - GURU BERBAGI

Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Tema 2


Sebelum Anda mengunduhnya silakan baca dulu CARA DOWNLOAD (ada hamparan pada menu di atas). Bila Anda merasa kesulitan bisa tanyakan langsung pada Admin melalui facebook atau media sosial lainnya. Beberapa materi di sini Admin ambil dari beberapa sumber yang ada di internet, sebagai bahan referensi maupun pengetahuan dan materi Admin pribadi. Selain itu berkaitan dengan aplikasi maupun file atau formatnya tak memungkinkan juga hasil pencarian Admin, namun tidak dapat dipungkiri juga merupakan karya Admin sendiri

Sebelum Anda semua mengambil file, format atau materi yang ada di blog ini, mohon dibaca dulu postingan secara menyeluruh (biasakan membaca literasi) sehingga nanti tidak mengalami kendala dalam hal mengambil materi yang diinginkan oleh Anda pengunjung Blog ini tercinta. Selain itu admin ingin partisipasinya dalam memberikan kritik, saran maupun komentar di tempat yang disediakan. Sekedar saran Admin bila kesulitan download silakan pakai browser selain CHROME
Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 untuk Kelas 4 Tema 1 kemarin sudah saya share, dan Alhamdulillan banyak yang antusias mengunduhnya. Oleh sebab itu sekarang saatnya Admin membagikan kelanjutannya yaitu Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Tema 2 . Materi yang berkaitan dengan Tema 2 Kelas 4 diantaranya adalah sebagai berikut
Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Tema 2
Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Tema 2

Apakah kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang terbuat dari singkong di lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan dengan temanmu. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.
1. Singkong rebus adalah singkong yang disajikan dengan cara direbus dengan air. Singkong pertama dikupas kemudian direbus sampai matang.
2. Kripik singkong dibuat dengan cara memotong singkong tipis-tipis kemudian digoreng dan diberi bumbu penyedap.
3. Gethuk dibuat dari singkong rebus yang dihaluskan kemudian diberi gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa.
4. Singkong crispy adalah singkong goreng yang diolah dengan cara modern.
5. Singkong goreng dibuat dengan cara menggoreng singkong dengan ditambah bumbu penyedap.
6. Singkong bakar merupakan olahan singkong yang dibuat dengan cara membenamkan singkong dalam bara api.
7. Tape singkong dibuat dengan cara menambahkan ragi pada singkong yang sudah dikukus.
8. Comro adalah makanan olahan dari parutan singkong yang diberi bahan oncom dan bumbu lainnya kemudian digoreng.
9. Misro merupakan versi manis dari comro karena di dalamnya diberi gula merah.
10. Kue matarroda merupakan olahan parutan singkong yang digunakan untuk membungkus pisang.

Berikut tampilannya
Bagaimana singkong dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan! Singkong dikonsumsi sebagai salah satu makanan pokok oleh masyarakat, selain itu singkong juga dijadikan makanan olahan misalnya keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain.

Apa saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong? Tape, gethuk, comro, misro,donat, kue mataroda, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana singkong dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat? Singkong olahan seperti keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat,  menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik.

Kita mempunyai kewajiban untuk menghemat energi yang jumlahnya sangat terbatas karena energi tersebut suatu saat akan habis. Selain menghemat, kita juga mempunyai kewajiban untuk terus-menerus mencari cara untuk menciptakan energi alternatif agar kebutuhan akan energi tetap dapat terpenuhi.

Diskusikan secara berpasangan:
Mengapa kita perlu mengembangkan energi alternatif?

Apa manfaat energi alternatif bagi kehidupan?
1. Matahari. Energi matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air, sumber energi pada panel surya, mobil tenaga surya
2. Ombak (dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga ombak
3. Angin dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin, penggerak kapal layar
4. Air dapat digunakan untuk menggerakan turbin pada pembangkit listrik tenaga air
5. Panas bumi dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi
6. Biodiesel dimanfaatkan untuk pengganti solar ( bahan bakar mobil dan diesel )
7. Gasohol dapat digunakan untuk bahan bakar motor ( sebagai pengganti bensin )
8. Biogas dapat digunakan untuk pengganti LPG dan LNG ( pengganti bahan bakar kompor

Diskusikan pertanyaan berikut secara berpasangan berdasarkan teks di atas dan tuliskan jawabannya.
Apa saja kewajiban kita terhadap lingkungan? Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah menjaga kelestariannya dengan cara memanfaatkan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Tulislah 3 contoh sikap ramah lingkungan? Jelaskan!
1. Menggunakan kendaraan berbahan bakar listrik atau gas, seperti mobil listrik dan mobil tenaga surya. Dengan menggunakan kendaraan berbahan gas atau listrik berarti menghemat bahan bakar minyak.
2. Membangun gedung yang menggunakan cahaya matahari sebagai penerangan di siang hari. Sengan membangun gedung yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan berarti menghemat energi listrik.
3. Menggunakan biogas untuk memasak, karena dengan menggunakan biogas kita akan menghemat bahan bakar minyak.
Mengapa penggunaan energi alternatif merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab kita? Jelaskan. Penggunaan energi alternatif menjadi tanggung jawab kita karena dengan menggunakan energi alternatif berarti kita menyediakan energi untuk generasi mendatang. Apabila energi digunakan terus menerus maka akan habis.


Apa saja hak kita terhadap lingkungan?
1. Memperoleh sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan, misalnya dari tumbuhan dan hewan yang merupakan sumber energi/tenaga.
2. Memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan.
3. Memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan, dan pembangkit tenaga lsitrik.
Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu sebelum mendapatkan hak terhadap lingkungan? Kewajiban dan hak harus dijalankan secara seimbang. Hak diperoleh setelah kita melaksanakan kewajiban.



Terima kasih atas segala kunjungannya di blog sederhana ini.Serta saya tunggu kunjungan berikutnya, bila materi yang Admin sajikan dirasa sangat bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman teman guru yang lainnya agar nantinya postingan ini lebih bermanfaat dan bisa dinikmati semua guru di Indonesia

Harapan Admin semoga materi, file aplikasi semuanya yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, saya tunggu kritik dan sarannya melalui komentar sehingga Admin bisa mengembangkan kualitas blog ini, Akhirul kata Salam Edukasi semoga bermanfaat bagi Anda semuanya


1 Komentar Untuk "Rangkuman dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 4 Tema 2"