--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Perangkat Kurikulum 2013 Kelas 3 SD Lengkap Semester 1

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Perangkat Kurikulum 2013 Kelas 3 SD Lengkap Semester 1. Dalam dunia pendidikan, kurikulum memiliki peran penting dalam membentuk perjalanan pembelajaran siswa. Salah satu kurikulum yang telah diperkenalkan di Indonesia adalah Kurikulum 2013. K13 bertujuan untuk memberikan kebebasan pada guru dan sekolah dalam merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi perangkat kurikulum Merdeka untuk kelas 3 SD yang lengkap.

Perangkat Kurikulum 2013 Kelas 3 SD Semester 1

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru dan sekolah dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Dalam K13, guru diizinkan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang berbeda dan materi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal.

Perangkat Kurikulum 2013 Kelas 3 SD Lengkap Semester 1



Perangkat pembelajaran yang saya bagikan berupa

  1. RPP 
  2. Silabus
  3. Promes atau Prosem (Program semester)
  4. Prota (Progam Tahunan)
  5. Jurnal Pembelajaran
  6. Aplikasi Raport
  7. Daftar Nilai
  8. Pemetaan KD
KETERANGAN
  1. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran): merupakan dokumen yang berisi rencana pembelajaran yang telah dirancang oleh guru. Modul Ajar juga dapat menjadi bagian dari perangkat pembelajaran ini.
  2. ATP atau SILABUS: adalah dokumen yang merinci materi pelajaran dan tujuan pembelajaran dalam suatu kurikulum. ATP atau Silabus memberikan panduan bagi guru dalam mengajar dan siswa dalam belajar.
  3. Promes atau Prosem (Program Semester): Promes atau Prosem adalah dokumen yang merinci rencana pembelajaran dalam satu semester. Dokumen ini mencakup materi, kegiatan, dan penilaian yang akan dilakukan selama satu semester.
  4. Prota (Program Tahunan): Prota adalah dokumen yang merinci rencana pembelajaran dalam satu tahun ajaran. Dokumen ini memberikan gambaran keseluruhan materi pelajaran yang akan diajarkan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam satu tahun.
  5. Jurnal Pembelajaran: berisi catatan atau dokumentasi mengenai kegiatan dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa. Jurnal ini membantu dalam evaluasi dan pemantauan proses pembelajaran.
  6. Aplikasi Raport: digunakan untuk mencatat dan mengolah data nilai siswa serta menyusun raport secara digital. Aplikasi ini memudahkan dalam pembuatan dan pengelolaan raport siswa. yang merupakan karya kang martho
  7. Daftar Nilai: dalah dokumen yang berisi catatan nilai siswa dalam setiap mata pelajaran. Dokumen ini mencatat pencapaian siswa dalam belajar.
  8. CP (Capaian Pembelajaran): adalah pencapaian atau hasil belajar yang ingin dicapai oleh siswa dalam suatu periode pembelajaran. Dokumen ini mencatat kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Yang terangkum dalam 1 folder

DOWNLOAD

Bingung cara downloadnya, saksikan tutorialnya di bawah ini



Baca Juga