IBX5980432E7F390 Download Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP - GURU BERBAGI

Download Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP


Sebelum Anda mengunduhnya silakan baca dulu CARA DOWNLOAD (ada hamparan pada menu di atas). Bila Anda merasa kesulitan bisa tanyakan langsung pada Admin melalui facebook atau media sosial lainnya. Beberapa materi di sini Admin ambil dari beberapa sumber yang ada di internet, sebagai bahan referensi maupun pengetahuan dan materi Admin pribadi. Selain itu berkaitan dengan aplikasi maupun file atau formatnya tak memungkinkan juga hasil pencarian Admin, namun tidak dapat dipungkiri juga merupakan karya Admin sendiri

Sebelum Anda semua mengambil file, format atau materi yang ada di blog ini, mohon dibaca dulu postingan secara menyeluruh (biasakan membaca literasi) sehingga nanti tidak mengalami kendala dalam hal mengambil materi yang diinginkan oleh Anda pengunjung Blog ini tercinta. Selain itu admin ingin partisipasinya dalam memberikan kritik, saran maupun komentar di tempat yang disediakan.
RPP 1 lembar kini menjadi kata kunci yang begitu populer bagi warga pendidikan di Indonesia. Berbagai respon mulai dari yang positif juga ada yang negatif  menyikapi Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP ini baik berupa meme maupun ulasan komentar tentang RPP ini mulai dari yang serius hingga yang lucu lucu. Hal ini bermula dari paparan Menteri pendidikan Indonesia yang baru Bapak Nadiem Anwar Makarim yang dalam paparanya mengungkapkan bahwa penyusunan RPP harus simpel, efektif dan efisien jadi 1 halaman sudah cukup, karena hanya mencakup 3 komponen inti RPP yakni Tujuan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar dan penilaian.
Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengunduh sekaligus membaca Isi dari Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), yakni terdiri dari berikut ini:
Surat edaran ini ditujukan kepada Yth
Kepala Dinas Pendidikan provinsi
Kepala Dinas Pendidikan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP sccara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid.
4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapap digunakari dan dapat pula disesuaikan dengun ketentuan sebagairnana dimaksud pada angka 1, 2, dan 3.
Demikian surat edaran disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Berikut ini link unduhan tunggal yang bisa Anda telusuri  melalui tautan di bawah ini
Dowload Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP di sini
Basis hukum pokok pokok kebijakan merdeka belajar
Bila ANda menginginkan contoh RPP 1 lembar sesuai dengan surat edaran tersebut kali ini Admin ingin membagikannya kepada Anda melalui url berikut ini
Download contoh RPP 1 lembar
Baca Juga

Terima kasih atas segala kunjungannya di blog sederhana ini.Serta saya tunggu kunjungan berikutnya, bila materi yang Admin sajikan dirasa sangat bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman teman guru yang lainnya agar nantinya postingan ini lebih bermanfaat dan bisa dinikmati semua guru di Indonesia

Harapan Admin semoga materi, file aplikasi semuanya yang ada di dalam blog ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, saya tunggu kritik dan sarannya melalui komentar sehingga Admin bisa mengembangkan kualitas blog ini, Akhirul kata Salam Edukasi semoga bermanfaat bagi Anda semuanya


0 Komentar Untuk "Download Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan RPP"

Post a Comment