--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Download Modul PKP Guru SD Berbasis Zonasi 2019

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Modul PKP Guru SD Berbasis Zonasi 2019. Guru merupakan guru profesional yang tugas utamanya adalah pendidikan, pendidikan, penyuluhan, pendidikan, pelatihan, evaluasi, dan penilaian siswa. Guru profesional memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan prestasi siswa karena 30 persen prestasi siswa ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya mempertahankan profesionalisme, guru harus selalu memperbarui diri dengan melakukan serangkaian pengembangan profesional berkelanjutan. Program PKP berbasis wilayah adalah bagian dari program pengembangan profesional berkelanjutan berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan guru, dan Menteri Reformasi Administrasi dan Reformasi Birokrasi No. 16 tahun 2009 tentang pekerjaan dan angka kredit guru.

Download Modul PKP Guru SD Berbasis Zonasi 2019

Download Modul Program PKP Guru SD Berbasis Zonasi 2019

Dalam program PKB sebelumnya yang dikembangkan oleh mantan Direktorat Jenderal GTK, yang didasarkan pada hasil Uji Kecakapan Guru, program ini berfokus pada peningkatan kompetensi guru, terutama kompetensi pendidikan dan profesional. Sementara PKP lebih fokus pada upaya mendidik siswa melalui pembelajaran yang diarahkan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi
Tujuan dari program PKP adalah berbasis wilayah

Baca juga
Download Modul PKP Guru SMP Berbasis Zonasi 2019

Sesuai yang Admin baca dari https://www.amongguru.com bahwasanya Program berbasis PKP bertujuan untuk meningkatkan efisiensi siswa dengan melatih guru dalam perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir yang lebih tinggi (HOTS). Bidang peningkatan efisiensi belajar (PKP) adalah bagian dari strategi untuk mempercepat pengembangan pendidikan yang adil, berkualitas dan merata (integrasi pembangunan).

Upaya ini dilakukan melalui Manajemen Pusat Kegiatan Guru (PKG), Kelompok Kerja Guru (KKG), MGMP dan MGBK, yang dilakukan melalui Cluster atau Rayon.

Area Peningkatan Pembelajaran bertujuan untuk:
  1.     Mencapai pendidikan dan keadilan yang adil;
  2.     Meningkatkan efektivitas dan efisiensi peningkatan keterampilan belajar
  3.     Memfasilitasi identifikasi kompetensi, prestasi, dan kegiatan guru;
  4.     Memfasilitasi pengembangan program peningkatan guru sejalan dengan hasil pemetaan yang telah dilaksanakan
  5.     Buat pengawasan dan koordinasi keterampilan belajar lebih mudah.

Dalam hal meningkatkan efisiensi belajar dapat didefinisikan dengan mempertimbangkan tanda-tanda berikut.
  1.    Pemilihan area tergantung pada klasifikasi masing-masing modul sesuai dengan area dan definisi / topik yang akan dikembangkan.
  2.     Identifikasi sekolah kandidat di pusat mempertimbangkan indikator dari tabel nasional, yaitu akreditasi sekolah, serta indikator kontrol yang mencakup hasil ujian nasional, UKG dan hasil dari penjaminan mutu pendidikan (PMP).
  3.     Rancangan program peningkatan efisiensi pembelajaran di area yang diberikan harus mempertimbangkan karakteristik unit, baik dalam hal jarak, akses, jumlah dan distribusi guru.
  4.     Memantau zona zona dengan memperkuat PKG / KKG / MGMP / MGBK dengan Sekolah  sebagai kelompok / zona area.

Bapak/Ibu Guru bisa mendownload buku materi/modul/paket guru SD Program PKP Berbasis Zonasi 2019 dengan cara mengklik link yang ada di bawah ini.

Baca Juga