--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Go Blognya Guru Lumajang

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l



“Ikatlah ilmu dengan menulisnya” begitu kira-kira sebuah ungkapan yang mengajak kita untuk selalu menulis apa saja yang berada di benak kita, terutama yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Lebih-lebih tulisan itu bermanfaat bagi orang lain. Sarana  untuk menuangkan buah pikiran itupun bermacam-macam baik itu lewat buku agenda, media cetak, maupun dengan menggunakan sarana teknologi berupa laptop juga jaringan internet seperti pada saat ini.

Kali ini penulis ingin membahas tentang sarana menulis yang berkaitan dengan ICT yaitu yang dikenal dengan istilah ngeblog. Blog merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

 Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif (Wikipedia.org).

Pada saat ini banyak tersedia konten blog gratis tersebar di dunia maya misalnya blogger, wordpress, blogdetik,dll. Kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana berbagi tanpa harus mengeluarkan biaya, bahkan bila kita mau menekuninya akan mendapatkan hasil dari aktifitas ngeblog ini. Pendapatan ini bisa kita dapatkan dari memasang iklan maupun dari hasil kita menjual konten yang dibutuhkan pengunjung, atau bisa melalui jalan mereview sebuah produk. Namun sebagai pemula hendaknya keinginan mendapatkan penghasilan dari ngeblog bisa ditepis terlebih dahulu, sementara aktifitas menulis kita lakukan secara rutin. setelah blog kita mulai ramai pengunjung, baru kita bisa memulai untuk meraup rupiah dari usaha sampingan ini.
Di kabupaten Lumajang banyak bertebaran penulis blog, baik dari siswa, guru, atapun profesi lainnya yang dikenal dengan istilah blogger. Dari kalangan guru ada beberapa nama muncul dan pengunjung hariannya juga tidak pernah sepi, baik dari wilayah Lumajang maupun diluar kabupaten, bahkan ada pengunjung dari luar negeri yang datang seiring dengan tulisan yang berguna bagi mereka. Hal ini dapat diketahui dari beberapa komentar maupun kolom buku tamu yang berisikan user dari seantero penjuru dunia.
Penulis mencoba menghadirkan beberapa profil guru blogger yang tulisannya sangat bermanfaat tak hanya bagi warga Lumajang saja. Namun sangat berguna bagi kita semua. Berikut penulis sajikan beberapa blog yang dikelola oleh beberapa insan di lingkungan pendidikan Lumajang, dari Kasi, Pengawas hingga guru Lumajang.

Syamsul Hadi
(Kasi pengembangan kurikulum dan Profesi di bidang Dikmenum Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang)
Beliau membuat blog dengan tujuan untuk memberikan informasi lebih cepat khususnya kepada Kepala Sekolah dan para guru tentang kegiatan-kegiatan di Bidang Dikmenum, disamping sebagai sarana komunikasi bidang Pendidikan. Kemanfaatan blog ini amat membantu memperlancar pengembangan program-program Bidang Dikmenum Dinas Pendidikan Kabupaten lumajang. Blog beliau dapat ditemui di www.syamsulhadi.wordpress.com

Agus Sukyanto
(Pengawas TK/SD Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang)

Blog beliau berlabel SWARA GURU dengan url www.swaraguru.wordpress.com, dengan menggunakan template yang begitu simple dan tidak banyak asesoris di dalamnya sangat memudahkan dalam menelusuri setiap link dalam blog ini. Banyak informasi yang ada dalam blog beliau baik berhubungan dengan keorganisasian juga tentang regulasi pendidikan serta info penting tentang kedinasan dan keguruan, terselip juga beberapa tips dan trik berkaitan tentang IT. Bila teman-teman guru ingin berkonsultasi bisa kirim email di seriussekali@yahoo.com.

M.Subakri
(Guru SDN Jambekumbu 01 kecamatan Pasrujambe kebupaten Lumajang)

Walaupun cukup banyak kegiatan yang amat menyita banyak waktu beliau, diantaranya sebagai instruktur nasional Kurikulum 2013 juga sebagai sekretaris majalah SUARA PGRI, namun tak mematahkan semangat beliau tuk menekuni dan mengelola beberapa blog diantaranya www.bchree.wordpress.com, www.ayomendidik.wordpress.com bahkan web majalah ini yaitu www.majalahsuarapgri.wordpress.com juga dikelolanya. Banyak tulisan yang mengisi blog beliau, namun yang banyak dan sering dibaca pengunjung diantaranya adalah tulisan yang berkaitan dengan bank soal baik itu soal ulangan harian, UTS maupun semester, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Begitu juga ada beberapa motivasi pendidikan sesuai deskripsi blog beliau “mengajar sehari menginspirasi seumur hidup”. Tak heran bila beberapa bulan kemarin beliau menyandang predikat Guru Inspiratif Tingkat Nasional dalam ajang Guraru Indonesia.

Muhammad Muchtar
(Guru SDN Tompokersan 03 kecamatan Lumajang kebupaten Lumajang)

Bicara tentang olympiade SD di wilayah lumajang, tentunya tidak lepas dari sosok yang satu ini. Siswa binaan beliau banyak mewarnai diberbagai bentuk kejuaraan olympiade baik tingkat nasional maupun international. Bagi teman-teman guru yang ingin menambah pengetahuan seputar olympiade dan ingin memiliki beberapa bank soal olympiade baik Matematika maupun sains bisa mampir di blog beliau yaitu di http://cakepmuchtar.wordpress.com, disitu banyak disajikan beberapa materi olympiade yang sangat berguna bagi kita semua serta gratis lagi, tinggal kita mengunduhnya secara langsung.
Umar Tholib
(Guru SDN Tegalbangsri 01 kecamatan Ranuyoso kebupaten Lumajang)

Anda senang dengan media pembelajaran berbasis komputer ataupun aplikasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan, maka luangkan waktu sejenak tuk singgah di blog beliau yaitu di www.kangmartho.com. Di sana  banyak disajikan beberapa media belajar berbasis power point dan flash karya beliau juga “titipan” dari beberapa situs. Selain itu juga ada banyak aplikasi pendidikan (excel,visual basic,localhost,dll) dan tutorial yang dibuat untuk memperlancar proses administrasi lembaga. Disamping itu beliau juga mengelola beberapa blog dan salah satunya banyak diminati warga lumajang yaitu www.lumajang.org yang berisikan tentang beberapa foto kuno yang berkaitan dengan sejarah seputar lumajang tempo dulu, kesemuanya itu beliau dapatkan dari beberapa museum digital Belanda juga dari putra/putri pahlawan Lumajang.



“Ngumpulno Balung Pisah” Lewat Mikro Blog

Selain blog yang sudah penulis paparkan di atas, ada juga sarana berbagi tulisan berbasis ICT yang tak kalah bagus dan cenderung lebih mudah penggunaanya yaitu mikro blog. Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.  Seiring berjalannya waktu mikro blog mulai berkembang, dan banyak terdapat pada situs jejaring sosial.

Seperti pada situs facebook,twitter,dll sudah terdapat fasilitas mikroblog, sehingga para pengguna dapat menuangkan ide singkat baik itu tulisan berupa curhatan, berbagi aktivitas atau motivasi dsb. Disamping mudah penggunaanya, juga dengan menggunakan smartphone seseorang sudah bisa dapat berbagi.

Menyikapi maraknya dan mudahnya sosial media untuk berbagi, Guru Lumajang tak mau kalah dengan yang lainnya. Dengan fasilitas sebuah grup Guru Lumajang, teman-teman guru mulai dari TK hingga SMA/SMK bisa berbagi di sini, baik itu tulisan, foto, maupun file. Selain itu media grup ini bisa jadi media “Ngumpulno balung pisah” warga guru Lumajang.

Tak dapat dipungkiri saat pemunculan kali pertama, tulisan yang muncul di sini banyak dipenuhi dengan curhatan guru-guru baik banyaknya pekerjaan maupun faktor kesejahteraan. Namun lambat laun aktifitas itu terhenti dan berganti dengan format tulisan motivasi dan file pendidikan yang banyak dibutuhkan semua guru. Sampai saat tulisan ini naik cetak sudah ada 1.724 guru yang bergabung dalam grup ini. Itupun karena selektifnya Admin memilah dan memilih user yang mau bergabung, sehingga masih banyak antrian guru yang ingin bergabung dari dalam maupun luar kota Lumajang.

Seorang guru adalah insan yang ditakdirkan senang berbagi, baik itu kepada siswa maupun kepada orang lain, baik itu ilmu pengetahuan maupun yang lainnya. Dengan hadirnya teknologi yang tak berpihak pada batasan ruang dan waktu, seorang guru sekarang lebih banyak  mendapatkan kesempatan untuk berbagi kepada siapa saja dan kapan saja. Mari mencoba berbagi, karena dengan berbagi tidak akan membuat kita rugi, dan tidak menimbulkan ilmu kita berkurang namun justru akan menambahkan pemahaman pada diri kita sendiri.

Baca Juga