--> Skip to main content
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Mengelola Tombol RIBBON pada Aplikasi Perkantoran

Bapak/Ibu Guru menjelang Tahun Ajaran Baru tentunya banyak yang perlu dipersiapkan, untuk lebih mudahnya berikut file ADMINISTRASI TAHUN AJARAN BARU 2023/2024 LENGKAP lengkap untuk KS dan guru yang bisa DOWNLOAD DI SINI l

Bapak/Ibu bagaimana kabarnya,sudahkah melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran semester Ganjil? Mungkin pada saat ini lagi sibuk-sibuknya mengelola nilai raport. Sebenarnya bila kita menggunakan aplikasi perkantoran terutama microsoft excel sudah barang tentu pekerjaan kita pasti lebih ringan. Karena beberapa hitungan yang mestinya bikin bingung dan ruwet sudah dapat diatasi oleh aplikasi tersebut. Dan kali ini saya sekedar share tentang Bagaimana kalau kita merubah tampilan tombol menu (ribbon) sesuai dengan keinginan kita?

Mengelola Tombol RIBBON pada Aplikasi Office

Kali ini kang Martho akan membahasnya seperti yang telah saya dapatkan dari web ini. dan mencoba tuk menerjemahkan secara acak-acakan melalui google translate. Meskipun add-in ini telah diuji namun selalu ada potensi kesalahan mengarah pada korupsi buku kerja. Oleh karena itu saya sangat menyarankan Anda mengambil salinan Anda sendiri dari file sebelum menggunakan desainer.

berikut caranya

Perancang


The RibbonX Visual Designer adalah add-in VBA desainer untuk membantu dengan pembangunan antarmuka Ribbon. The add-in sekarang akan bekerja dengan PowerPoint dan Word file serta Excel.
Dalam rangka membangun dan file pratinjau di PowerPoint atau Word add-in akan mencoba untuk referensi versi yang benar dari aplikasi. Jika Anda memiliki versi sebelum tahun 2007 diinstal maka Anda mungkin perlu secara manual membuka aplikasi yang relevan sebelum membuka desainer atau loading RibbonX. Dalam keadaan normal versi yang benar dari aplikasi akan dibuka jika ada kasus yang sedang terbuka. Jika Anda menerima pesan peringatan hanya menyimpan dan tutup semua contoh dari aplikasi yang terbuka sebelum mencoba lagi. Jelas ini bukan masalah ketika bekerja dengan file Excel.

Bila add-in dimuat 2 tombol baru akan muncul pada Tab Developer.

Designer Ribbon
Menu Designer berisi aplikasi Office yang sekarang dapat digunakan.

Aplikasi Ribbon Designer
Saya juga telah menambahkan tombol ke Kantor Menu.

RibbonX menu Office Designer
Untuk materi lengkapnya silakan pelajari di web nya langsung di sini semoga dengan tutorial ini ANda bisa membuat aplikasi yang bisa menarik baik dari segi tampilan maupun navidgasinya
Baca Juga