-->
Mau cari PERANGKAT KURIKULUM MERDEKA LENGKAP Semua Kelas silakan klik di SINI

Perangkat Akreditasi SD/MI

Bagaimana kabar Bapak/Ibu semua...semoga diawal Minggu ini dalam keadaan sehat dan tambah semangat. Minggu kemarin disekolahku disuruh mengumpulkan sertifikat Akreditasi beberapa tahun lalu, hal ini biasanya menandakan akan diadakannya akreditasi di lembagaku. Untuk itu kami semua mulai mempersiapkan jauh-jauh hari agar nanti tidak kelabakan yang tentunya akan menyita waktu kegiatan belajar mengajar.

Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah membawa konsekuensi tersendiri terhadap teknis penyelenggaraan Akreditasi Sekolah, dan salah satunya adalah berkaitan dengan instrumen yang digunakan. Mulai tahun 2009, untuk mengukur kelayakan SD/MI dalam kegiatan Akreditasi telah digunakan instrumen baru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendiknas No. 11 Tahun 2009 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar-Madrasah Ibtidaiyah.



Instrumen Akreditasi yang baru ini terdiri dari 157 item mencakup 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian).

Semoga saja dengan adanya perubahan instrumen dan teknis penyelenggaraan akreditasi ini kiranya dapat semakin mengokohkan fungsi dan tujuan dari akreditasi itu sendiri yakni tercapainya pendidikan Indonesia yang berkualitas tinggi.


Berikut ini kami sampaikan Perangkat Akreditasi SD/MI dalam fomat Ms. Word 2010 hasil dari berkeliaran didunia maya. Untuk yang menggunakan koneki internet terbatas silahkan download satu per satu perangkat akreditasi berikut :



  1. Cover Perangkat Akreditasi SD/MI.docx

  2. Salinan PERMEN No 11 Tahun 2009.docx

  3. Petunjuk Umum Instrumen Akreditasi SD/MI.docx

  4. Instrumen Akreditasi SD/MI.docx

  5. Cover Petunjuk Teknis SD/MI.docx

  6. Petunjuk Umum Juknis SD/MI.docx

  7. Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI.docx

  8. Cover Instrumen Pengumpulan Data.docx

  9. Petunjuk Umum Instrumen Pengumpulan Data.docx

  10. Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Akreditasi SD/MI.docx

  11. Cover Teknik Penskoran.docx

  12. Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi SD/MI.docx

Untuk yang menggunakan koneksi internet cepat silahkan download file perangkat Akreditasi SD/MI berikut : Perangkat Akreditasi SD/MI.rar


 Buat yang pengen download file dalam format PDF silahkan klik di sini.


Terima kasih, semoga bermanfaat.
Baca Juga

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.