Tips tentang Pembuatan Media Pembelajaran

Mengawali di tahun 2013 ini saya ingin berbagi tentang salah satu cara membuat media pembelajaran yaitu tentang cara merekam suara yang nanti kita gunakan untuk memberikan sebuah narasi pada sebuah media pembelajaran kita. Sebenarnya cara ini merupakan curhat saya pada KLINIK IT di situs P4TK MATEMATIKA berikut pertanyaan saya dan jawabannya.


Adakah sebuah software yang bagus selain bawaan WINDOWS untuk merekam suara yang nanti digunakan dalam mengisi suara (DUBBING) sebuah screencast?

(UMAR THOLIB – SDN Tegalbangsri 01 Lumajang JATIM)

Dalam membuat screencast memang ada pilihan untuk merekam tayangan video di layar dan audio/narasi secara langsung atau dapat juga dilakukan dengan membuat video dan narasi secara terpisah dan nantinya digabung dengan software video editing (misalnya Movie Maker). Apabila ingin membuat rekaman narasi/audio secara terpisah sebaiknya tidak menggunakan recorder bawaan windows mengingat terbatasnya fitur dari software tersebut. Sebagai alternatifnya kita dapat menggunakan beberapa pilihan software yang banyak beredar di internet. Berikut ini beberapa software untuk merekam narasi/audio dan link terkait ke software tersebut.

  1. MP3MyMp3, dapat diunduh dari alamat web www.mp3mymp3.com.

  2. Free Audio Recorder, softaware ini cukup mudah dalam pengoperasiannya, dapat diakses di http://www.accmeware.com/free_audio_recorder.html.

  3. AudaCity, memiliki fitur lengkap tidak hanya merekam saja tapi juga melakukan penyuntingan maupun menambah efek khusus namun operasional penggunaannya agak sedikit lebih rumit. Alamat webnya adalah http://audacity.sourceforge.net.


Selain beberapa software tersebut ada banyak lagi yang lain yang juga dapat digunakan untuk merekam audio. Jika ada pembaca yang memiliki link atau pengalaman teknis menggunakan software lain yang lebih mudah dan bagus silahkan di-share pada komentar di bawah.

 

 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment