Perbedaan pendekatan, model, startegi metode, dan teknik pembelajaran

Model, startegi metode, dan teknik pembelajaran merupakan sebuah pendekatan yang biasanya dipakai dalam sebuah Rencana Program pembelajaran (RPP). Banyak guru yang belum mengetahui apa itu perbedaan antara pendekatan, model, startegi metode, dan teknik pembelajaran. Masih banyak yg salah dalam menggunakan/menyebutkan istilah Pendekatan, Model, Startegi, Metode dan Teknik dlm penyusunan RPP . Untuk itu kali ini Admin ingin berbagi pengetahuan yang saya peroleh dalam media sosial, yaitu sebuah postingan dari Ibu Eni Kuswati yang belia tulis dalam dinding Facebooknya.
Model, startegi metode, dan teknik pembelajaran
Model, startegi metode, dan teknik pembelajaran

Berikut penjelasannya tentang permasalahan di atas

1.Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses berlangsungnya pembelajaran, yang merujuk terhadap pandangan akan terjadinya sebuah proses yang sifatnya masih sangat general atau umum, didalamnya mewadahi, menguatkan, menginsiprasi dan melatari metode dalam suatu pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari jenisnya, pendekatan pembelajaran terbagi menjadi dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik.
contoh jika kelas merupakan kelas siswa pandai dan kritis- analitis maka guru dpt memilih pendekatan scietifik

2. Model pembelajaran hakikatnya adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang dikemas secara khas oleh seorang pendidik. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari pengaplikasian suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran.
Namun demikian, terkadang penggunaan istilah model pembelajaran sering disamakan dengan strategi pembelajaran ( padahal berbeda) sedangkan

3. Strategi pembelajaran merupakan cara-cara spesifik yang dipergunakan secara prosedural dan sistematis di dalam suatu aktivitas pembelajaran, di dalam rangka menambah kualitas hasil dan Random
contoh: jikalau kelas siswa pintar manfaatkan pendekatan scientifik maka model yg dipakai Discovery learning dlm pelaksanaanya manfaatkan strategi anak2 mengamati secara indivual atau mengobservasi terutama secara berkelompok. atau manfaatkan strategi menyebutkan lantas anak memaparkan atau sebaliknya. secara teori berdasarkan jenisnya strategi pembelajaran dapat dikelompokkan ke di dalam dua bagian, yakni exposition-discovery learning dan group-individual learning. Sedangkan jikalau ditinjau dari cara pengolahan dan penyajiannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

 4. Metode Pembelajaran
bisa diartikan sebagai sebuah langkah yang dipergunakan didalam pengimplementasian rancangan yang udah disusun didalam suatu aktivitas nyata untuk menggapai obyek pembelajaran. Ada lebih dari satu metode pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengimplementasikan trick pembelajaran, yakni metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat dan lain sebagainya.

5. Teknik Pembelajaran
bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah di sebuah kelas dengan jumlah peserta didik yang terbatas tentunya secara teknis harus berbeda dengan penggunaan metode ceramah di kelas dengan jumlah peserta didik yang banyak.

Nah mungkin sekian saja artikel tentang;Perbedaan pendekatan, model, startegi metode, dan teknik pembelajaran .

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment