Tips dan Trik Menjadi Juara Setiap Lomba

Bapak/Ibu banyak yang bertanya lewat milis, maupun chat di media sosial, tentang bagaimana caranya agar mendapat juara dalam setiap mengikuti ajang kompetisi baik itu lomba guru prestasi, olympiade TIK maupun yang lainnya. Sebetulnya saya belum begitu menguasai dan masih dalam tahap meraba-raba tentang berbagai tip yang dimaksudkan di atas, karena frekuensi kesempatan mengikuti lomba yang cukup sedikit, namun patut bersyukur ada beberapa prestasi yang patut dibanggakan sebagai guru yang mengajar di pedesaan.

Berikut ini saya ingin berbagi tentang beberapa tip dan trik yang saya dapatkan dari teman guru yang cukup banyak makan asam garam dalam ajang kompetisi dan banyak menjuarai berbagai event lomba baik tingkat propinsi maupun nasional. Beliau ada Ibu Lulun Ari Asrini. M.Pd seorang guru SDN Kebonsari 01 kabupaten Tuban. Yang secara kebetulan beliau bersama saya ikut lomba Seleksi Anegerah Kontitusi Guru PKn berprestasi tahun 2015 dan sama-sama menjadi juaranya, beliau juara I dan saya juara II.

Jika Anda mendapat kesempatan ataupun mandat untuk mengikuti suatu kompetisi, ada beberapa yang perlu dilakukan dan dipersiapkan diantaranya:
1. Siapkan sebaik mungkin,
Siapkan diri kita, baik mental, kesehatan kita dan yang lain. karena itu yangat berpengaruh sekali. Jangan dikira saya tidak pernah stres menghadapi lomba, "saya selalu stres saat AKAN lomba. kesetresan saya pada tahap persiapan, akan tetapi saat lomba biasanya saya lebih santai. dan jangan anggap saya tdk pernah sakit saat lomba, saya pernah pingsan saat lomba, karena sangat kelelahan. maka, kita harus benar2 SIAP MENANG dan SIAP KALAH

2. Pelajari prosedur atau juknis lomba sampai kita benar2 memahami, jika tidak ada juknis, pelajari tujuan lomba tersebut, sampai kita benar2 memahami.

3. Cari sesuatu yang akan sulit dijamah oleh peserta yang lain, dengan kata lain "buat sesuatu yang beda" agar juri tertarik. akan tetapi harus tetap pada tema.

4. Buat list dan jadwal maksimal kita menyelesaikannya, misal Gupres, portofolio saya harus selesai pada minggu ke sekian, yang saya masukkan apa aja, yang belum apa, yang harus saya cari lagi apa. kemudian PTK, yg paling menarik apa, kapan saya max harus menyelesaikan, untuk belajar ke test tulis sebaiknya paling belakang mendekati perlombaan. ada 1 lagi, psikotes, kapan saya harus belajar, jika pengalaman saya, saya mengikuti les khusus psikotes. maka kita akan lebih tau mana yang kurang.

5. Jika ada wawancara, hati2 dengan juri yg mengajak kita jabat tangan. karena kesiapan kita bisa di lihat dari situ, suhu tangan kita akan menjelaskan kesiapan kita. suhu tangan kita tidak bisa kita buat2. jika dingin maka berarti kita grogi, jika biasa aja berarti kita siap.

6. Gunakan pakaian sesopan mungkin, dan seprofesional mungkin. orang berfikir batik adalah paling tepat. maaf bagi saya belum tentu, ketika even lomba bagi Ibu2 pilih blazer/jas. baik bapak2 pilih kemeja lengan panjang dan harus serapi mungkin. kecuali bila ada ketentuan seragam. karena dengan begitu kita akan lebih terlihat profesional

7. Berbahasa dan bertutur kata yg baik dan tertata. jangan mengulang2 sesuatu yang sudah kita sampaikan, jangan menjawab sesuatu yang tidak di tanya, jangan mengucapkan bahasa yang terkesan menjatuhkan dan terakhir jangan terlihat sombong.

8. Santai aja dalam menghadapi lomba, rilex saja, tidah harus menunjukkan kesetresan kita, karena nanti akan terbawa pada situasi mental yang kita ciptakan

9. berbagi dengan teman2 sekompetitor, jangan merasa kita bersaing. bantu mereka jika mereka butuh bantuan kita. jika kita bisa berbagi itu akan lebih baik, misal materi yang kita punya, bisa jadi kita membetulkan Media presentasi teman kita. harus kita ingat, jika kita beri kemudahan orang lain kita akan diberi kemudahan juga, dan itu pasti lebih. dan jika kita berhasil/menang kompetitor kita pasti akan legowo

10. Jangan lupa lihat kompetitor kita siapa, agar kita lebih PD. Melihat absensi pada saat kita lomba itu hal yang utama. kita bisa tau, pesaing kita seperti apa, dari latar belakang sekolah dan pendidikan, pasti ada di daftar hadir. itu akan membantu kita dalam menentukan langkah.

Semoga bermanfaat kawan. itu semua berdasarkan pengalaman saya. Yang terakhir jangan lupa BERDOA

Semoga bermanfaat

sumber image: google dan Akhmad Bashori 

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment