[Repost] Pemahaman Kenormalan Rombel Kaitan Dengan Jam Mengajar

Teman OPS se Indonesia, memasuki tahun 2015 ini sengaja saya mulai memasukkan beberapa tulisan tentang dunia Operator. Hal ini bukannya tanpa sebab ternyata dengan menulis tentang DAPODIK, PADAMU NEGERI, VERVAL PD sangat membantu teman-teman operator dalam mengerjakan administrasi sekolah. Selain itu ternyata dengan menulis tentang kegiaatan pendataan ini cukup berpengaruh pada jumlah pengunjung sebuah blog, hal ini saya ketahui begitu ramainya operator yang berkunjung ke sebuah blog yang memposting tentang OPS. Bukannya latah hanya ingin "mengikat" catatan mungkin nanti digunakan bisa kita baca lagi juga mungkin berguna bagi teman-teman OPS

Sebagai contoh berikut saya mencoba menyalin catatan dari bapak Nunu Nugraha dari catatannya di facebook. berikut tulisannya:

1. Kenormalan rombel hanya dipengaruhi dari mapping jam mengajar pada MATPEL WAJIB dan MATPEL WAJIB (TAMBAHAN JAM).

2. Suatu Rombel bisa dikatakan NORMAL, bila JJM PADA MATPEL WAJIB MAKSIMAL 32 JAM untuk KTSP dan 34 JAM untuk KURTILAS, serta JJM PADA MATPEL WAJIB (TAMBAHAN JAM) MAKSIMAL 4 JAM.

3. Untuk Kelas rendah di SD (Kelas 1, 2, 3) JJM Maksimal Rombel yang dianggap NORMAL oleh P2TK adalah Maksimal 32 jam. Sedang untuk kelas tinggi maksimal JJM Rombel adalah 36 jam dengan mengacu pada ketentuan poin 2.
Sementara untuk Kurtilas Kelas 1 = 32 jam, Kelas 2 = 34 jam, sedang Kelas 4 dan 5 = 38 jam (Sudah termasuk didalamnya Muatan Lokal Bahasa Daerah ) dengan mengacu pada ketentuan poin 2.

4. Jam tiap Mapel pada Matpel Wajib harus diisi sesuai jam max yang tertera pada aplikasi dibagian kanan tiap mapelnya.
Contoh Cara Mapping untuk SD pada kelompok Matpel Wajib,
UNTUK KTSP :
- YANG BENAR : GK=24jam, PJOK=4jam, PAI=3jam (1 JAM FREE BIARKAN)
- YANG SALAH : GK=24jam, PJOK=4jam, PAI=2jam, Mulok Potensi Daerah=2jam.

UNTUK KURTILAS :
- YANG BENAR : GK = 24 jam , PJOK = 4jam , PAI = 4 jam, MLPD = 2 jam.
- YANG SALAH : GK = 22 jam , PJOK = 4jam , PAI = 4 jam, MLPD = 2 jam.

5. Jam MATPEL TAMBAHAN TIDAK MEMPENGARUHI KENORMALAN ROMBEL dan tidak termasuk yang terakumulasi pada kewajiban JJM Maksimal Rombel 36 jam untuk KTSP dan 38 jam untuk KURTILAS.



CONTOH LENGKAP UNTUK PEMBAGIAN JJM TIAP KELAS DENGAN KRITERIA :
KELAS 1, 2, 4, 5 KURIKULUM-13
KELAS 3, 6 KURIKULUM KTSP













Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment