Cepat Tua Karena Laptop?

Bapak/Ibu siapa yang tidak tahu laptop, dari orang tua hingga anak kecil sekarang sudah mengenal alat teknologi ini. Dan hampir semua orang memiliki barang ini, disamping sekarang harganya yang mudah terjangkau hingga lapisan bawah juga karena kebutuhan kita dalam membantu pekerjaan kita. Namun pakah kita sadar, bahwa terlalu lama di depan laptop menyebabkan berbagai dampak negatif untuk kesehatan dan kecantikan serta mempercepat proses penuaan. Berikut ada beberapa dampak buruk bekerja di depan laptop yang saya dapatkan dari [retsa/islampos/safetysign/liputan6]:



Pertama, menyebabkan kulit kendur. Ekspresi  wajah orang saat bekerja terlalu lama di depan laptop cenderung emosional dan kaku . Bahkan, ekspresi wajah seseorang selama berjam-jam mayoritas tetap, sehingga menyebabkan kurangnya penggunaan otot-otot diwajah dan menyebabkan kulit kendur dan keriput. Karena, radiasi elektromagnetik memengaruhi pori-pori kulit.Untuk itu, biasakanlah latihan wajah sederhana agar terhindar dari dampak negatif yang tidak diinginkan. Misalnya, sesekali tersenyum atau ucapkan huruf vokal (a,i,u,e,o) dengan mulut melebar sebanyak sepuluh kali dalam sehari. Tujuannya, agar otot-otot menjadi kencang. Jangan lupa cucilah wajah setelah menggunakan komputer dengan sentuhan pijatan yang lembut.
Kedua, menyebabkan kerutan ditengah dahi. Saat serius bekerja di depan layar laptop, orang akan betul-betul konsentrasi dan sering mengernyitkan dahi dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut akan meninggalkan bekas kerutan di dahi. Solusinya, sering-seringlah memijat bagian tengah dahi dengan telunjuk dan ibu jari dengan posisi horizontal.
Ketiga, membuat mata berkantung. Terlalu lama menatap laptop, mata akan menjadi lelah dan terjadinya pembatasan sirkulasi darah sehingga akan terbentuknya kantung kebiruan di bawah mata. Untuk mengurangi tampilan kantung mata tersebut, tekan-tekanlah tulang yang ada di bawah mata secara perlahan mulai dari sudut dalam mata menuju ke luar.
Setelah membahas dampak buruk untuk kecantikan, dibawah ini ada beberapa efek negatif untuk kesehatan.
Pertama, katarak. Gangguan penglihatan ini disebabkan oleh adanya keruhan pada lensa mata. Biasanya, penyakit ini berkaitan dengan proses penuaan dan radiasi sinar UV.
Kedua, dermatitis. Penyakit ini diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Tjon dan Rycorft, pengaruh radiasi VDU itu terjadi pada muka dengan gejalanya berupa kemerahan pada kulit muka.
Ketiga, iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan oleh medan elektromagnet akan berpengaruh kepada partikel-partikel yang melayang di udara menempel pada kulit manusia sehingga timbulnya iritasi. Dikarenakan yang langsung bertatapan dengan komputer adalah muka, maka muka akan lebih sering mengalami iritasi. Selanjutnya, elektrostatik ini dapat menyebabkan pipi merah setelah selesai menggunakan komputer.
Keempat, gangguan seksual. Gangguan seksual yang terjadi adalah berkurangnya tingkat kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Hal ini disebabkan karena orang sering menyimpan laptop diatas paha bagian atas.

Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment