Tingkatkan Kwalitas Guru Melalui Workshop ITC

Selama dua hari dalam minggu ini suasana lembagaku lain dari biasanya karena banyak berkumpul kepala sekolah dan sejumlah guru perwakilan masing masing lembaga SD di kecamatan Ranuyoso untuk mengikuti workshop peningkatan kwalitas,khususnya bidang ITC. Kegiatan ini sendiri disponsori oleh K3S( Kelompok Kerja Kepala Sekolah )dan Pengurus KKG ( Kelompok Kerja Guru ) kecamatan Ranuyoso dengan menelan biaya sebesar lebih kurang lima juta rupiah dari kas kedua lembaga ini. Berikut kegiatannya yang sengaja saya ambil dari situs lembaga kami.



Dalam kata sambutanya ketua panitia Subakri,S.Pd yang juga sebagai ketua K3S Ranuyoso menyampaikan ,bahwa biaya kegiatan ini cukup besar yang di pikul oleh dua lembaga K3S dan KKG dengan harapan nantinya kepala sekolah dan guru mengenal dan mengerti tentang ITC. “ Saya berharap kegiatan ini bisa di ikuti dengan sebaik-baiknya oleh perserta mengingat biaya cukup besar dan butuh perngorbanan waktu, sehingga akhir kegiatan ini mereka bisa mengaplikasikan di lembaga masing_masing” demikian sambut ketua K3S ini.Dalam kesempatan ini pula Ka UPT Pendidikan Ranuyoso Sentot budianto,SH.MH juga berharap yang sama,” Sehingga guru ranuyoso tidak Gaptek tehnologi”,cetusnya.



Kegiatan yang berlangsung di gedung SDN Tegalbangsri01,cukup diminati oleh para peserta,terbukti selama dalam pelaksanaan peserta cukup gayeng mengikuti kegiatan ini.lebih lebih para nara sumber bisa membawa para peserta dalam suasana segar.Mereka para nara nara sumber adalah Drs Abdul Razak dari dindik lumajang bersama bapak Akhmad Ikhsan dan bapak Umar tolib yang sudah biasa menyampaikan materi tentang IT ini dan kebetulan juga mereka adalah Kepala sekolah dan guru SDN tegalbangsri01 sendiri.Beberapa materi penting yang berkenaan ITC adalah,pengenalan Hardware software,program aplikasi Word,Exel dan Power –point serta yang tidak kalah menariknya tentang internet sehat, Email, Catting dan pembuatan web site lembaga.



Acara yang diikuti oleh 59 peserta ini,masih akan diteruskan lagi nanti dalam kegiatan kegiatan di KKG atau bahkan ada yang berencana di lakukan di luar jam dinas” Ini bukti bahwa kegiatan semacam ini sangat perlu seiring perkembangan tehnologi,maka guru guru khususnya di ranuyoso harus bisa”demikian komentar Dwi Supriyono,salah seorang peserta yang merangkap sebagai panitia.



Kegiatan ini menjadi menarik karena  peserta juga diharuskan bisa presentasi di didepan termasuk juga beberapa tampilan guru dalam mengisi waktu refresing,mereka bernyanyi sambil diiringi oleh elekton oleh peserta sendiri.” Wah dua hari kayaknya masih kurang, tidak terasa sudah usai kegiatan, demikian seronoh salah satu peserta putri yang kebetulan dia sangat menyukai kegiatan ini.



Workshop peningkatan kwalitas guru semacam ini sangatlah perlu,tidak hanya bidang ITC saja, termasuk workshop tentang madel-madel pembelajaran,tehnik pengajar yang baik , pokoknya hal baru yang harus segera di ketahui dan bisa di aplikasikan dalam pembelajaran dalam rangka peningkatan kwalitas guru dan siswa.Guru masa kini harus mampu mengatasi problem pendidikan,walaupun tidak harus diatasi sendiri,lebih lebih tunjangan mereka sudah cukup lumayan










peserta paling TOP







Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment